Kenali 5 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
04 July 2022 14:05
Kuli panggul mengangkat karung bawang putih di Pasar Kramat jati,  Jakarta Timur, Selasa 7/5. Pedagang Los Eceran dikawasan pasar Kramat jati menjual bawang putih Rp 35.000 per kilogram turun dari harga sebelumnya Rp45.000 karena pasokan bawang putih sudah sedikit stabil. Harga bawang putih yang dijual Eceran seharga Rp50. 000 sampai Rp60. 000. Harga bawang  merah naik sedikit dari Rp 20.000 menjadi Rp 22. 000 harga Los Eceran. Harga Cabe merah turun menjadi Rp 25.000 turun saat kemarin naik Rp 30.000 sampai Rp 40.000.   (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Bawang Putih di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang biasa Anda gunakan saat memasak. Namun, khasiat bawang putih tak hanya sebagai penambah cita rasa makanan. Faktanya, bawang putih mentah juga punya manfaat luar biasa untuk kesehatan.

Meski aromanya cukup menyengat, komponen allicin yang ada dalam bawang putih mentah punya efek antimikroba yang baik untuk pencernaan makanan dan kesehatan. Bawang putih mentah juga merupakan antibiotik yang mampu melawan infeksi jamur dengan efek antibakteri dan antivirus.


Kandungan Nutrisi Bawang Putih

Bawang putih adalah umbi-umbian dengan nama latin Allium sativum. Saudara bawang merah ini adalah umbi siung asli budidaya Asia Tengah, tapi juga tumbuh di Italia dan daerah selatan Prancis.

Satu buah bawang putih biasanya terdapat 1-10 siung. Setiap siungnya memiliki berat sekitar 6-8 gram. Berikut kandungan nutrisi yang ada pada bawang putih:

  • Protein: 0,57 g
  • Total lipid (lemak): 0,04 g
  • Karbohidrat: 2,98 g
  • Energi: 13,41 kkal
  • Gula: 0,09 g
  • Serat: 0,19 g
  • Kalsium: 16,29 mg
  • Zat besi: 0,15 mg
  • Magnesium: 2.25 mg
  • Fosfor: 13.77 mg
  • Kalium: 36,09 mg
  • Natrium: 1,53 mg
  • Seng: 0,1 mg
  • Tembaga: 0,03 mg
  • Mangan: 0,15 mg
  • Selenium: 1,28 mcg


Manfaat Makan Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan


Bawang putih mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Lantas, apa manfaat makan bawang putih mentah untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi ekstrak bawang putih bisa mengurangi keparahan gejala pilek dan flu sehingga gejalanya bisa hilang lebih cepat. Sistem kekebalan tubuh yang meningkat setelah makan bawang putih mentah juga dapat membantu mencegah virus Corona.

Makan bawang putih disebut bisa mencegah infeksi Covid-19 dengan meningkatkan sel sistem kekebalan dan menekan produksi dan sekresi sitokin proinflamasi serta hormon leptin yang berasal dari jaringan adiposa yang bersifat proinflamasi.


2. Menurunkan Kolesterol

Bawang putih telah lama dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk mencegah kolesterol tinggi. Peneliti menemukan manfaat ini berasal dari kandungan allicin dalam bawang putih.

Uniknya, allicin hanya akan diproduksi oleh bawang putih ketika siungnya dipotong, ditumbuk (uleg), atau dihancurkan dengan cara dikunyah. Allicin mampu menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol.


3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bawang putih mentah bisa mengurangi fluktuasi kadar gula darah pada orang dengan atau tanpa diabetes. Mengonsumsi bawang putih pada akhirnya direkomendasikan untuk pengidap diabetes.

Selain itu, karbohidrat yang cenderung dimetabolisme dengan sangat cepat dan menyebabkan kadar gula darah meningkat. Makan bawang putih mentah memastikan bahwa karbohidrat dimetabolisme dalam kecepatan teratur.


4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Menjaga pola makan adalah salah satu kunci agar tetap sehat bagi Anda yang sudah didiagnosis darah tinggi. Bawang putih mentah bisa dipilih karena manfaat kandungan allicin.

Selain kandungan allicin yang bisa diperoleh dengan makan bawang putih mentah, ada juga kandungan polisulfida yang bekerja memperlebar pembuluh darah sehingga bisa menurunkan tekanan darah.


5. Mencegah Kanker Hati

Makan bawang putih mentah disebut bermanfaat untuk mencegah kanker hati. Bawang putih mentah kaya akan kandungan sulfur aktif yang mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya dalam tubuh.

Selain itu, makan bawang putih mentah juga bisa menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker perut (lambung, usus besar, dan usus kecil), kerongkongan, pankreas, payudara, dan prostat.


Bolehkan Makan Bawang Putih Mentah Terus-menerus?


Jika Anda sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan, makan bawang putih mentah setiap hari diperbolehkan. Setidaknya 1-4 siung bawang putih mentah setiap hari. Namun, direkomendasikan hanya 1-2 siung saja per hari.

Makan bawang putih lebih dari satu siung per hari bisa saja memperparah kondisi Anda yang punya gangguan pencernaan parah. Sementara, Anda yang memiliki alergi, tekanan darah rendah, asma, bisul, atau masalah tiroid disarankan untuk konsultasi ke dokter sebelum makan bawang putih mentah.


Cara Usir Bau Mulut Usai Makan Bawang Putih


Meski baik buat kesehatan, makan bawang putih mentah bisa menyebabkan mulut terasa panas, diare, hingga bau mulut dan bau badan jika dikonsumsi terlalu banyak. Berikut cara untuk menghindari bau mulut usai makan bawang putih mentah.

  • Cuci bersih siung bawang putih mentah dengan air dingin yang mengalir
  • Konsumsi bawang putih mentah bersama daun seledri atau kemangi agar aroma bawangnya tidak terlalu tajam
  • Minum segelas susu rendah lemak atau makan yogurt tanpa rasa setelah mengonsumsi bawang mentah
  • Sikat gigi dan berkumur dengan cairan pembersih mulut sampai bersih setelah makan bawang putih mentah


Cara Menyimpan Bawah Putih Agar Awet


Ada beberapa cara yang bisa Anda coba saat hendak menyimpan bawang putih. Ini dia cara menyimpan bawah putih agar awet:


1. Simpan di Kulkas

Sebaiknya simpan bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci bersih dalam wadah kedap udara. Masukkan ke dalam kulkas atau freezer. Jika bawang putih sudah muncul tunas, Anda bisa tanam bawang di dalam pot kecil berisi tanah dan biarkan tumbuh.


2. Haluskan Baru Simpan

Selanjutnya, Anda bisa menghaluskan beberapa siung bawang putih dengan blender atau food processor sebelum menyimpannya dalam wadah kedap udara. Setelah itu, simpan bawang putih yang sudah dihaluskan di dalam kulkas.


3. Rendam dengan Minyak Zaitun

Terakhir, Anda bisa mencoba merendam bawang putih dengan minyak zaitun. Setelah bawang putih dikupas dan dicuci bersih, simpan dalam wadah dan tuang minyak zaitun hingga semua bawang putih terendam. Tutup rapat dan masukkan wadah dalam kulkas.


Itu dia 5 manfaat makan bawang putih mentah untuk kesehatan. Meski berkhasiat, jangan terlalu banyak mengonsumsi bawang putih mentah karena dapat menimbulkan efek samping. Semoga bermanfaat!


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Deretan Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan, Cek Nih


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading