Wajib Tahu, Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Jarang Disadari

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
27 June 2022 10:45
Ilustrasi Kesemutan (Pexels Anete Lusina)

Jakarta,CNBC Indonesia - Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam tubuh. Sebenarnya, tubuh manusia membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Apabila kadar kolesterol dalam darah tinggi, Anda bisa mengalami timbunan lemak di pembuluh darah. Akhirnya, endapan ini terus menumpuk sehingga darah sulit mengalir melalui arteri. Terkadang, endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Berikut adalah sejumlah gejala kolesterol tinggi yang perlu Anda waspadai:


1. Sering mencium bau aneh

Pengidap kolesterol tinggi terkadang mencium bau aneh yang tidak seharusnya ada di sekitarnya. Kondisi ini disebut sebagai phantom odour perception. Dari penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Laryngoscope pada 2020 diketahui bahwa setidaknya ada tiga bau, yang sebenarnya tidak ada, namun kerap dicium oleh orang yang mengalami phantom odour perception. Di antaranya yakni bau tidak sedap, bau terbakar, dan bau busuk.

2. Kaki dan tangan mudah kesemutan

Gejala yang mungkin timbul akibat kolesterol tinggi adalah kaki dan tangan yang mudah kesemutan akibat aliran darah yang tidak lancar. Bahkan, terkadang kaki juga mengalami rasa nyeri, ngilu, atau kondisi yang tidak nyaman ketika digunakan berjalan atau digerakkan sekalipun.

3. Sakit kepala

Mengutip SehatQ, penumpukan lemak di pembuluh darah bisa menyebabkan saluran darah menyempit dan pasokan oksigen jadi berkurang. Saat kadar oksigen berkurang, Anda bisa mengalami sakit kepala atau badan terasa pegal-pegal.

4. Mudah lelah

Kondisi mudah lelah sering dialami pada orang yang mengalami kadar kolesterol tinggi. Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak mendapatkan aliran darah dengan kadar oksigen yang cukup.

Organ tubuh dipaksa untuk melakukan metabolisme dengan keras, sementara jantung dan pembuluh darah sedang bermasalah. Oleh karena itu, tak jarang tubuh yang mudah lelah dan tidak bersemangat sering dialami sebagai gejala kadar kolesterol tinggi.

5. Nyeri dada

Nyeri dada merupakan salah satu komplikasi dari kolesterol tinggi. Ini terjadi karena kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan zat lemak pada pembuluh darah arteri. Penumpukan tersebut berpotensi menyebabkan dada terasa nyeri, hingga meningkatkan risiko pasien mengalami serangan jantung.

6. Keram

Kram kaki yang intens saat tidur adalah gejala umum lain dari kolesterol tinggi yang merusak arteri tungkai bawah. Kram atau kejang sebagian besar dirasakan di tumit, kaki depan, atau jari kaki. Kondisi ini biasanya memburuk pada malam hari saat tidur.

7. Penumpukan lemak di mata

Munculnya daging lebih yang lembut dan berwarna kuning di sekitar mata juga merupakan ciri kolesterol tinggi. Dalam istilah medis, kondisi itu disebut xanthomas, yakni kelainan kulit yang ditandai dengan penumpukan lemak. Umumnya xanthoma terjadi di dekat kelopak mata bagian atas.

8. Disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi bisa menjadi salah satu ciri-ciri kolesterol tinggi. Kondisi ini dapat terjadi karena penumpukan kolesterol menciptakan plak di pembuluh darah arteri sehingga menghalangi aliran darah ke penis.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kenali Gejala Kolesterol Tinggi di Mata, Jangan Tunggu Parah!


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading