Perokok Wajib Tahu! Cara Alami Membersihkan Paru-Paru Anda

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
01 July 2022 11:20
Ilsutrasi Teh Hijau. (Dok: Istimewa) Foto: Ilsutrasi Teh Hijau. (Dok: Istimewa)

Jakarta, CNBC Indonesia - Paru-paru merupakan salah satu organ vital bagi sistem pernapasan manusia. Namun, organ yang sangat penting ini bisa mengalami kerusakan sel-sel jika Anda merokok. 

Asap rokok yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan paru-paru mengalami radang, bronchitis, pneumonia. Belum lagi bahaya dari zat nikotin yang menyebabkan kerusakan sel-sel dalam organ paru-paru yang bisa berakibat fatal yaitu kanker paru-paru.

Sebelum terlambat, para perokok pasif maupun aktif harus mengetahui cara membersihkan paru-paru agar terhindar dari kondisi kesehatan yang serius. 

Berikut adalah sejumlah cara untuk membersihkan paru-paru:

1. Konsumsi Teh Hijau

Teh hijau dikenal kaya akan manfaat kesehatan. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga terbukti efektif membantu memerangi efek radikal bebas. Namun selain itu, teh hijau juga punya manfaat lain. Salah satunya adalah membantu mengurangi peradangan yang terjadi di paru-paru. Kandungan antioksidan dalam teh hijau juga punya kemampuan untuk melindungi jaringan paru-paru dari bahaya paparan polusi dan asap rokok.

Dilansir dari Medical News Today, studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang rutin minum teh hijau 2 cangkir setiap hari cenderung memiliki paru-paru lebih sehat.

Minuman pembersih paru-paru sebenarnya bukan hanya teh hijau saja. Selain teh hijau, masih ada teh lemon, madu dan air hangat, minuman jahe, kunyit dan teh akar licorice.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang Anda konsumsi punya pengaruh besar pada kesehatan tubuh. Agar bisa bekerja dengan baik, paru-paru membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, terlebih vitamin C, karotenoid dan mineral seperti kalsium, magnesium, selenium dan potasium.

Semua nutrisi yang dibutuhkan paru-paru bisa Anda dapatkan dengan mudah dari makanan sehat. Wortel, apel, bawang putih, brokoli, ikan, yoghurt dan kacang-kacangan adalah beberapa contoh makanan yang bagus untuk membantu menjaga kesehatan paru-paru. Jadi jika ingin paru-paru sehat, tambahkan makanan tersebut ke menu harian Anda.

3. Olahraga di Luar Ruangan

Olahraga di dalam atau di luar ruangan, pada dasarnya keduanya sama bagusnya. Hanya saja, ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari berolahraga di luar ruangan khususnya di pagi hari, yakni Anda bisa mendapatkan paparan sinar matahari pagi.

Anda juga bisa menikmati udara yang sejuk. Tentu saja, untuk yang satu ini hanya berlaku jika Anda berolahraga di tempat yang jauh dari hiruk pikuk kendaraan bermotor dan polusi.

4. Terapi Uap

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh orang yang punya gangguan paru-paru adalah hidung meler atau hidung mampet saat udara dingin. Nafas terkadang juga jadi terasa lebih sesak. Saat udara dingin, selaput lendir di saluran udara biasanya akan mengering. Aliran darah juga bisa terganggu karenanya.

Untuk melonggarkan lendir dan membantu melancarkan pernafasan, Anda bisa melakukan terapi uap. Dengan terapi uap, udara akan menjadi lebih hangat dan lebih lembab.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Masalah Paru-paru Bisa Terlihat Jelas dari Kulit, Sudah Cek?


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading