Makanan Pembersih Paru-paru, Cocok Buat Mantan Perokok

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
15 September 2022 13:25
Ilustrasi Kunyit (Photo by Tamanna Rumee from Pexels) Foto: Ilustrasi Kunyit (Photo by Tamanna Rumee from Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Paru-paru adalah salah satu organ paling vital di tubuh manusia. Organ ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses pernapasan, yakni sebagai tempat pertukaran antara oksigen dan karbondioksida.

Anda para perokok harus lebih waspada terkait kesehatan organ satu ini. Sebab, asap rokok yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan paru-paru mengalami radang, bronchitis, pneumonia. Belum lagi bahaya dari zat nikotin yang menyebabkan kerusakan sel-sel dalam organ paru-paru yang bisa berakibat fatal yaitu kanker paru-paru.

Butuh waktu yang cukup lama agar kondisi paru-paru perokok bisa kembali seperti semula. Namun, ada beberapa makanan pembersih paru-paru yang bisa menghilangkan iritasi serta lendir di dalamnya.

Berikut paparannya:

1. Tomat

Ilustrasi tomat. (Dok: Pixbay)Foto: Ilustrasi tomat. (Dok: Pixbay)
Ilustrasi tomat. (Dok: Pixbay)

Mengkonsumsi tomat dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Hampir sama dengan paprika, tomat juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Tomat juga menjadi sumber makanan yang kaya akan likopen dan antioksidan karotenoid.

Sebuah data penelitian pada 2017 menunjukkan dengan mengonsumsi tomat dapat mengurangi peradangan saluran pernapasan bagi penderita asma dan meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).

2. Apel

Sebuah penelitian menunjukkan memakan apel secara teratur bisa membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Rutin mengonsumsi lima apel atau lebih selama seminggu juga dapat menurunkan risiko penyakit terkait paru.

Manfaat lainnya, apel diyakini bisa menekan risiko asma dan kanker paru-paru. Hal ini terjadi karena tingginya konsentrasi antioksidan dalam apel, termasuk kandungan flavonoid dan vitamin C.

3. Air hangat

American Lung Association menyebutkan bahwa minum air cukup sangat penting untuk kesehatan paru-paru. Minum 8 gelas per hari merupakan salah satu cara untuk menjaga lendir di paru-paru supaya tetap tipis, sehingga membuatnya lebih mudah untuk dihilangkan saat batuk.

Minum minuman hangat, seperti teh, kaldu, atau bahkan hanya air panas, dapat menyebabkan pengenceran lendir, sehingga lebih mudah dibersihkan dari saluran udara.

4. Konsumsi makanan kaya antioksidan

Ilustrasi Strawberry (AP Photo)Foto: Ilustrasi Strawberry (AP Photo)
Ilustrasi Strawberry (AP Photo)

 

Makan lebih banyak buah dan sayuran, terutama sayuran berdaun hijau, beri, dan makanan lain yang kaya antioksidan, dapat membantu melindungi paru-paru dari beberapa kerusakan akibat merokok.

Sebuah penelitian besar Korea menemukan bahwa minum teh hijau, yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi, dapat mengurangi peluang Anda terkena COPD

5. Minum teh hijau

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya dari menghirup asap.

Para peneliti melaporkan, orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak minum sama sekali.

6. Kacang-kacangan

Kacang edamame, kacang brazil, kacang almond, dan kacang mete adalah pilihan kacang-kacangan yang bisa dijadikan sebagai makanan pembersih paru-paru.

Kacang-kacangan tersebut diketahui mengandung berbagai nutrisi penting untuk kesehatan paru-paru, seperti isoflavon, selenium, dan magnesium.

7. Kunyit

Salah satu rempah yang bisa dijadikan sebagai pilihan makanan pembersih paru-paru adalah kunyit. Kunyit diketahui mengandung senyawa kurkumin yang berperan sebagai antioksidan dan antiradang. Senyawa tersebut dipercaya dapat mendukung kesehatan paru-paru.

Penelitian bahkan menunjukkan adanya peningkatan fungsi paru-paru sebesar 9% pada perokok yang mengonsumsi kurkumin.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Masalah Paru-paru Bisa Terlihat Jelas dari Kulit, Sudah Cek?


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading