Ini 6 Bahaya Kopi Instan Sachet yang Harus Anda Waspadai

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
15 June 2022 14:30
Ilustrasi Kopi (Photo by Jessica Lewis Creative)

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak orang hobi mengonsumsi kopi instan. Selain murah, kopi instan sachet juga lebih praktis dan rasanya enak.

Namun, tahukah Anda ternyata kopi instan sachet diduga mengandung zat yang tidak ramah untuk kesehatan, khususnya jika diminum secara berkelanjutan? Bahkan, terdapat suatu senyawa di dalam kopi instan yang dapat menjadi faktor risiko terjadinya kanker apabila dikonsumsi dalam kadar yang tinggi.


Berikut adalah sejumlah masalah kesehatan yang mengancam jika Anda doyan minum kopi sachet instan:

1. Meningkatkan risiko kanker

Akrilamida adalah bahan kimia yang terbentuk saat biji kopi dipanggang. Menariknya, kopi instan cenderung mengandung akrilamida dua kali lebih banyak daripada kopi yang diseduh dalam kondisi fresh. Paparan akrilamida yang berlebihan dapat merusak sistem saraf dan meningkatkan risiko kanker.

2. Kolesterol

Krimer dalam kopi juga bisa meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Ini karena krimer mengandung lemak trans yang tidak sehat. Lemak trans meningkatkan peluang Anda mengalami kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung atau stroke.

3. Adrenalin

Banyak orang merasa lebih bersemangat setelah minum kopi, padahal efek tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan organ tubuh seperti ginjal dan jantung. Meningkatnya adrenalin akan membuat kinerja jantung dan ginjal menjadi lebih keras.

4. Obesitas

Minum kopi instan bisa berbahaya, karena memiliki kandungan gula dan pemanis buatan yang tidak sedikit. Oleh karena itu, mengonsumsi kopi instan terlalu sering dapat menyebabkan peningkatan berat badan akibat kadar gula yang berlebihan.

Peningkatan kadar gula darah yang berlebihan dapat meningkatkan berat badan, terutama apabila tidak melakukan olahraga dan menerapkan pola makan sehat. Pada akhirnya, hal tersebut bisa mengakibatkan obesitas.

5. Picu diabetes

Bagi Anda yang gemar minum kopi susu sachet, bahaya yang satu ini juga perlu diperhatikan. Sebab, kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh merupakan salah satu faktor risiko terjadinya diabetes tipe 2.

Kandungan gula yang tinggi di dalam kopi instan, jika dikonsumsi berlebihan dan setiap hari, akan menyebabkan kadar gula darah yang tinggi. Apabila disertai gaya hidup tidak sehat seperti tidak berolahraga atau kurang gerak, hal ini akan sangat berpotensi menimbulkan diabetes pada kemudian hari.

6. Perubahan mood

Kandungan gula darah yang meningkat dalam tubuh dapat membuat seseorang lebih terjaga dan meningkatkan mood. Sayangnya, peningkatan ini bersifat sementara. Ketika gula darah meningkat dengan cepat dan kembali turun, hal ini akan mencetuskan mood swingBeberapa studi menemukan, kandungan gula dalam minuman instant yang rutin dikonsumsi seperti kopi dapat mengganggu regulasi gula darah dalam tubuh.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Habis Vaksin Lanjut Minum Kopi, Amankah?


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading