Waspada, Ini Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Jarang Disadari

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
13 June 2022 09:55
Ilustrasi lelah bekerja (Designed by Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tubuh manusia membutuhkan senyawa kolesterol untuk membantu produksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, dan vitamin D. Namun jadi masalah jika kadarnya terlalu tinggi karena bisa menyebabkan munculnya penyakit berbahaya, misalnya stroke dan serangan jantung.

Sayangnya, meski kolesterol tinggi merupakan kondisi yang banyak dialami masyarakat, gejalanya banyak tidak disadari. Padahal, mengenali gejala awal bisa menjadi langkah penting agar segera melakukan tindakan yang dibutuhkan untuk menurunkan kolesterol. 

Berikut adalah beberapa tanda yang mungkin muncul jika Anda menderita kadar kolesterol berlebih:


1. Impotensi

Munculnya impotensi bisa menjadi salah satu ciri-ciri kolesterol tinggi. Kondisi ini dapat terjadi karena penumpukan kolesterol menciptakan plak di pembuluh darah arteri sehingga menghalangi aliran darah ke penis.

2. Kaki dan tangan mudah kesemutan

Gejala yang mungkin timbul akibat kolesterol tinggi adalah kaki dan tangan yang mudah kesemutan. Bahkan, terkadang kaki juga mengalami rasa nyeri, ngilu, atau kondisi yang tidak nyaman ketika digunakan berjalan atau digerakkan sekalipun.

3. Sakit pada rahang

Rasa sakit pada rahang merupakan salah satu gejala serangan jantung yang mungkin terjadi akibat kolesterol tinggi. Maka dari itu, hal ini bisa menjadi salah satu gejala kolesterol tinggi yang bisa Anda waspadai kemunculannya.

4. Mudah lelah

Kondisi mudah lelah sering dialami pada orang yang mengalami kadar kolesterol tinggi. Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak mendapatkan aliran darah dengan kadar oksigen yang cukup.

Organ tubuh dipaksa untuk melakukan metabolisme dengan keras, sementara jantung dan pembuluh darah sedang bermasalah. Oleh karena itu, tak jarang tubuh yang mudah lelah dan tidak bersemangat sering dialami sebagai gejala kadar kolesterol tinggi.

5. Nyeri dada

Nyeri dada merupakan salah satu komplikasi dari kolesterol tinggi. Ini terjadi karena kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan zat lemak pada pembuluh darah arteri. Penumpukan tersebut berpotensi menyebabkan dada terasa nyeri, hingga meningkatkan risiko pasien mengalami serangan jantung.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kenali Gejala Kolesterol Tinggi di Mata, Jangan Tunggu Parah!


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading