Ramalan Itu Nyata, Berikut Daftar Wabah Baru Usai Covid-19

Lifestyle - pgr & Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
05 June 2022 09:50
Ini gejala dan cara penanganan Hepatitis Akut Foto: Infografis/Ini gejala dan cara penanganan Hepatitis Akut/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat pandemi Covid-19 telah menjadi endemi di sebagian besar wilayah di dunia, muncul beberapa penyakit baru yang meresahkan.

Terbaru adalah cacar monyet (monkeypox). Penyakit tersebut menyusul virus Hendra dan penyakit hepatitis akut misterius yang muncul sebelumnya pada tahun ini.

Berikut penjelasan mengenai tiga penyakit baru yang meresahkan dunia tersebut:


Hepatitis Akut Misterius

Hingga kini, penyakit hepatitis akut masih menjadi momok menakutkan, khususnya bagi para orang tua karena penyakit ini banyak menyerang anak-anak.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menerima laporan lebih dari 600 kasus hepatitis akut di 30 negara, termasuk di Jepang, Amerika Serikat, Inggris, dan Indonesia. Meski demikian, penyebab pasti dari penyakit tersebut masih menjadi misteri.

Pada 27 Mei lalu, WHO mengonfirmasi bahwa sembilan anak telah meninggal akibat hepatitis akut. Dari semua kasus yang teridentifikasi di seluruh dunia, sekitar 6%, atau setidaknya 38 anak, membutuhkan transplantasi hati.

Usia anak-anak yang mengidap penyakit misterius ini berkisar dari 1 bulan hingga 16 tahun. Namun, lebih dari 75% kasus terjadi pada anak di bawah usia 5 tahun, menurut WHO.

Sejauh ini, tidak ada yang dites positif untuk virus hepatitis A, B, C, D, atau E yang diketahui, yang menunjukkan patogenesis baru.

Hepatitis ditandai dengan kadar enzim hati yang terlalu tinggi. Pakar medis hingga kini masih berjuang untuk mengidentifikasi penyebab wabah tersebut. Meskipun tidak dikonfirmasi, ada bukti bahwa virus biasa adenovirus, jenis virus umum yang biasanya menyebabkan pilek, mungkin menjadi penyebabnya, kata Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA).

Beberapa peneliti lebih lanjut menyebut bahwa Adenovirus pada anak-anak yang sebelumnya telah terinfeksi Covid-19 memicu serangkaian peristiwa yang menyebabkan respons imun yang menyerang hati, sebagaimana dilaporkan oleh South China Morning Post.

Hepatitis akut bukan tipe penyakit yang tiba-tiba muncul dan langsung parah. Ada tiga tahap gejala yang akan dialami anak hingga penyakit ini benar-benar menuju ke tahap parah.

Tahap awal, yakni saat anak mengalami sakit perut, mual, muntah hingga diare. Kemudian gejala lanjutan yakni saat anak mulai mengalami penyakit kuning yang biasanya dimulai dari mata yang menguning hingga ke seluruh tubuh. Terakhir adalah tahap lanjutan parah, biasanya pada tahapan ini kondisi anak sudah benar-benar memburuk.

Virus Hendra hingga Monkeypox
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading