Hepatitis Akut Anak: Long Covid, Adenovirus atau Virus Baru?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
23 May 2022 12:45
Duh! Kemenkes Terbitkan Surat Waspada Hepatitis Misterius

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini wabah hepatitis akut misterius yang menjangkiti anak telah menjadi momok menakutkan. Dugaan kasus hepatitis akut pada anak di Indonesia mencapai 14 kasus yang tercatat hingga 17 Mei 2022.

Sejumlah ahli kesehatan menduga penyebab dari penyakit ini salah satunya adalah long Covid atau efek samping jangka panjang dari COVID-19.

Namun, hal tersebut dibantah oleh Ketua Satgas COVID-19 IDI Prof Zubairi Djoerban. Ia mengatakan kebanyakan dari pasien hepatitis misterius ini justru dalam kondisi yang sehat.


"Long Covid sebabkan hepatitis misterius? Tidak, pasien-pasiennya justru sehat," kata Prof Zubairi dalam akun Twitter miliknya, dikutip atas izin yang bersangkutan.

Prof Zubairi menjelaskan dari sembilan anak yang terpapar hepatitis misterius di Alabama, tidak satu pun dari mereka yang memiliki riwayat infeksi COVID-19. Ia juga menyebutkan sejumlah data sementara yang menunjukkan bahwa angka kejadian long Covid pada anak jarang terjadi.

Dalam penjelasannya, Prof Zubairi juga menegaskan kasus hepatitis yang ditemukan di Indonesia juga diketahui negatif COVID-19.

Para ilmuwan masih berusaha mencari tahu penyebab penyakit ini, termasuk kemungkinan adanya virus baru yang belum diketahui. Salah satu teori yang populer adalah bahwa kasus ini disebabkan oleh Adenovirus, jenis virus umum yang biasanya menyebabkan pilek.

Beberapa peneliti lebih lanjut menyebut bahwa Adenovirus pada anak-anak yang sebelumnya telah terinfeksi Covid-19 memicu serangkaian peristiwa yang menyebabkan respons imun yang menyerang hati, demikian dikutip CNBC Indonesia dari South China Morning Post.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Apa Itu Adenovirus? Biang Kerok Kasus Hepatitis MIsterius


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading