Negara Ini Tutup Sauna Gay, Jadi Sumber Wabah Cacar Monyet

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
23 May 2022 10:55
Pusat Pengendalian Penyakit meneliti virus MonkeyPox di lapangan. (via Getty Im/The Washington Post)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penyakit cacar monyet tengah menjadi perhatian baru warga dunia. Dilaporkan wabah itu telah ditemukan di 12 negara, di mana sebelumnya penyakit itu biasanya tidak ditemukan.

Menurut WHO, wabah ini adalah kasus luar biasa karena terjadi di negara-negara di mana virus tersebut tidak endemik. WHO memperkirakan bakal ada lebih banyak kasus cacar monyet dilaporkan dalam beberapa hari mendatang karena pengawasan yang meluas, katanya.

Terbaru, Otoritas kesehatan di Spanyol melaporkan 23 kasus baru cacar monyet yang terkonfirmasi, terutama di wilayah Ibu Kota Madrid di mana pemerintah setempat menutup sauna yang terkait dengan sebagian besar infeksi.


Enrique Ruiz Escudero selaku Kepala kesehatan regional Madrid mengatakan pihak berwenang di Madrid telah berupaya melacak kasus-kasus itu terutama satu wabah yang berasal dari sebuah sauna.

Kata sauna di Spanyol digunakan untuk menggambarkan tempat-tempat yang populer dengan pria gay yang mencari hubungan seks, bukan hanya pemandian. Sauna bernama Paraiso --yang berarti surga-- ini dikenal sebagai tempat yang ramah bagi komunitas gay.

"Departemen Kesehatan Masyarakat akan melakukan analisis yang lebih detail lagi untuk mengendalikan penularan, memutus mata rantai penularan dan berusaha memitigasi penularan virus ini semaksimal mungkin," katanya seperti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (21/5/2022).

"Kebanyakan orang yang dites positif memiliki tautan ke sumber ini (aktivitas di Sauna Paraiso)," tambahnya.

Sementara itu, di media sosial, pihak sauna memastikan akan menutup pintunya.

"Sauna Paraiso akan tetap ditutup selama beberapa hari ke depan, tindakan pencegahan dalam menghadapi peringatan...atas munculnya apa yang disebut infeksi cacar monyet di wilayah Madrid," kata pihak pengelola Sauna Paraiso.

Terakhir, jumlah cacar monyet terbaru dari Kementerian Kesehatan Spanyol adalah tujuh kasus yang dikonfirmasi secara nasional dan 23 orang yang dites positif virus "non-manusia" tetapi masih menunggu hasil lebih lanjut. Jumlah ini belum termasuk dari dugaan kasus infeksi di Sauna Paraiso.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Lho Hewan yang Diduga Menularkan Penyakit Cacar Monyet


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading