Deretan Negara Ini Tak Punya Mata Uang, Ada Tetangga RI Juga?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 May 2022 20:00
INFOGRAFIS, 5 Mata Uang Crypto yang Gerogoti Emas Hingga Saham

Jakarta, CNBC Indonesia - Setiap negara tentunya memiliki mata uang sebagai alat pembayaran yang sah. Namun, ternyata ada juga beberapa negara yang tidak memiliki mata uang.

Lantas negara mana sajakah itu, berikut paparannya:

1. El Salvador


El Salvador menggunakan dolar Amerika sebagai alat tukar dalam perdagangan. Negara tersebut mulai menggunakan dolar Amerika pada tahun 2000-an. Terbaru, pada September 2021, El Salvador telah resmi menggunakan Bitcoin. Keputusan atas penggunaan mata uang kripto tersebut justru menimbulkan pro dan kontra dari masyarakat setempat.

2. Republik Demokratik Timor Leste

Negara yang memisahkan diri dari Indonesia ini memilih dolar AS sebagai mata uang resmi di Timor Leste sejak tahun 2000 dengan dikeluarkannya Regulation 2000/7 pada 24 Januari 2000. Meski begitu, banyak juga mata uang negara lain yang beredar di Timor Leste seperti rupiah (Indonesia), bath (Thailand), escudo (Portugis) dan juga dollar Australia.

3. Senegal

Senegal menggunakan Franc CFA Afrika Barat. Selain Senegal, Pantai Gading, Togo, Mali, Niger, Benin dan Burkina Faso juga menggunakan mata uang yang sama. Negara-negara tersebut pernah dikuasi oleh Perancis pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20.

4. Panama

Panama menggunakan dolar AS Sejak 1904. Kebanyakan negara di Amerika Selatan memang menggunakan dolar sebagai alat tukar. Namun mata uang resmi Panama adalah balboa Panama dan dolar Amerika Serikat.

5. Republik Zimbabwe

Sempat memiliki mata uang sendiri, Zimbabwe akhirnya mengadopsi dolar AS sebagai mata uang mereka pada tahun 2009. Mereka bukan negara pertama yang meninggalkan mata uangnya untuk kemudian memilih yang lain.


[Gambas:Video CNBC]

(pgr/pgr)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading