Apakah Hepatitis Akut Misterius Bisa Menular? Ini Kata Ahli

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
12 May 2022 14:30
Ada Gejala Ini? Awas Bisa Jadi Hepatitis Misterius(CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penyakit hepatitis akut misterius yang sedang melanda dunia telah masuk ke Indonesia. Ada 21 anak di DKI Jakarta yang diduga terinfeksi penyakit misterius tersebut.

Kementerian Kesehatan pun sampai saat ini masih melakukan investigasi melalui pemeriksaan panel virus lengkap. Tidak hanya itu, para epidemiolog di berbagai belahan dunia juga masih menyelidiki musabab hepatitis misterius yang tengah menjadi ancaman kesehatan baru di banyak negara.

Ancaman ini juga telah menimbulkan berbagai pertanyaan di kalangan masyarakat, apakah penyakit hepatitis yang sedang menjadi gejala ini menular antar anak?

"Ini belum bisa dipastikan. Artinya prinsip untuk memitigasi, pencegahan jauh lebih baik. Karena mau itu menular atau tidak, kita belum tahu. Ya lakukan prinsip pencegahan dengan baik," jelas Epidemiolog dari Universitas Griffith Dicky Budiman.

Pencegahan yang dimaksud adalah dengan menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan masker, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas (5M) dan terus lakukan testing, tracing, dan treatment (3T).

"Pesan terpenting bahwa dengan adanya kasus hepatitis ini bukan berarti pandemi berakhir, SARS Cov2 selesai dan bukan berarti bisa lepas masker, tidak. Karena ini korelasinya masih banyak kemungkinan, prinsip pencegahan masih utama dan penting," kata Dicky melanjutkan.


Dia juga menjelaskan hepatitis misterius yang terjadi saat ini tidak sama dengan penyakit kuning. Karena penyakit kuning disebabkan virus hepatitis A. Sementara, dari sejumlah kasus hepatitis misterius yang dilaporkan, virus Hepatitis A-E yang terdeteksi negatif.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Apa Itu Adenovirus? Biang Kerok Kasus Hepatitis MIsterius


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading