Hindari Renang-Main di Tempat Umum, Bisa Cegah Hepatitis Akut

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
11 May 2022 11:00
A boy walks with his skateboard past a playground sealed off due to the coronavirus pandemic, Wednesday, July 1, 2020, in Commerce, Calif. California Gov. Gavin Newsom has ordered a three-week closure of bars and indoor operations of restaurants certain other businesses in Los Angeles and 18 other counties. (AP Photo/Jae C. Hong)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hepatitis misterius telah menjadi kekhawatiran baru di kalangan masyarakat, terutama orang tua yang memiliki anak kecil. Sejauh ini, Kementerian Kesehatan melaporkan sudah ada 15 kasus hepatitis misterius yang menjangkiti anak Indonesia, tiga orang di antaranya meninggal dunia. 

Meski penyebab pasti penyakit misterius ini masih belum diketahui, ada langkah pencegahan yang bisa dilakukan agar anak terhindari dari penyakit mematikan tersebut.  Warga diimbau untuk menghindari berenang di tempat umum dan tidak menyentuh permukaan di area publik. 

"Untuk sementara agar tidak berenang dulu di kolam renang umum, tidak bermain di playground serta hindari menyentuh hand railing, knop pintu, dinding dan lainnya yang sering dipegang orang," ujar Kepala Dinas Kesehatan Jatim Erwin Astha Triyono melalui keterangan resmi, beberapa waktu lalu. 


Selain itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan dan menjaga protokol kesehatan terutama saat berada di tempat umum.

IDAI merinci beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencegah hepatitis akut misterius ini adalah:

  • mencuci tangan
  • meminum air bersih yang matang
  • konsumsi makanan yang bersih dan matang penuh
  • membuang tinja dan/atau popok sekali pakai pada tempatnya
  • menggunakan alat makan sendiri-sendiri
  • memakai masker dan menjaga jarak

Selain di Indonesia, kasus hepatitis akut yang misterius juga telah ditemukan di banyak negara lain. Di dunia, kasus tertinggi hepatitis akut terjadi di Inggris sebanyak 115 kasus. Selain itu juga terjadi di Italia, Spanyol, dan Amerika Serikat.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Apa Itu Adenovirus? Biang Kerok Kasus Hepatitis MIsterius


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading