Rahasia Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga & Diet Ketat

Lifestyle - linda hasibuan, CNBC Indonesia
11 May 2022 10:05
Ilustrasi Perut Buncit (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki perut buncit bisa menjadi masalah yang sangat menganggu bagi beberapa orang. Sebab perut buncit bisa memengaruhi penampilan atau rasa percaya diri. Selain karena alasan penampilan, perut buncit jangan diabaikan karena bisa menjadi indikasi tanda yang mengarah pada masalah obesitas.

Ada beberapa cara untuk mengecilkan perut tanpa perlu olahraga dan diet, berikut paparannya.


1. Tidak Melewatkan Waktu Sarapan

Sebagian orang menganggap jika ingin memiliki perut yang rata maka kita harus mengurangi asupan makanan. Hal tersebut memang benar adanya, namun mengurangi porsi makanan bukan berarti membuat pola makan menjadi berantakan.

Justru, cara mengecilkan perut pertama adalah dengan tetap memiliki waktu sarapan yang teratur. Karena selain alasan kesehatan, sarapan bisa membantu tubuh untuk mengontrol porsi makan siang agar tidak berlebihan. Namun, perlu diingat, saat sarapan sebaiknya Anda tidak mengonsumsi lemak jenuh.

2. Minum Air Mineral Yang Cukup dan Teratur

Minum air mineral dapat membantu Anda mengonsumsi makanan lebih sedikit sehingga mampu membantu menurunkan berat badan, terutama jika Anda meminum air mineral sebelum makan. Sebuah studi pada orang dewasa mengemukakan bahwa minum setengah liter air sekitar 30 menit sebelum makan bisa bantu mengurangi rasa lapar dan asupan kalori.

Pada penelitian tersebut, peserta yang meminum air mineral sebelum makan bisa menurunkan 44 persen lebih banyak berat badan dalam periode 12 minggu dibandingkan mereka yang tidak menerapkan cara mengecilkan perut ini.

3. Mengonsumsi Kandungan Protein Lebih Banyak

Kandungan protein pada makanan memiliki efek kuat untuk meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu Anda untuk makan lebih sedikit kalori. Ini bisa jadi dikarenakan protein mengandung hormon yang berperan pada rasa lapar dan kenyang. Hormon tersebut termasuk ghrelin dan GLP-1. Jadi, jika Anda terlalu banyak makan makanan yang tinggi kalori berisi lemak jenuh, lebih baik pertimbangkan untuk beralih ke makanan yang kaya akan kandungan proteinnya.

4. Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat larut juga menjadi salah satu cara mengecilkan perut secara efektif. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi mampu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah Anda untuk makan dengan porsi berlebihan. Kandungan serat larut akan berubah menjadi gel saat bersentuhan dengan air. Gel tersebut dapat meningkatkan waktu penyerapan nutrisi dan mampu memperlambat pengosongan perut.


Makan di Piring Kecil dan Kunyah Makanan Perlahan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading