10 Cara Mengurangi Perut Buncit Saat Usia 40 Tahun ke Atas

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
18 April 2022 12:25
Ilustrasi Perut Buncit (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perut buncit kerap menjadi masalah yang banyak dihadapi ketika seseorang memasuki usia 40 tahun ke atas. Sayangnya, menghilangkan lemak di perut terasa lebih sulit di usia ini. Sebab semakin tua, proses metabolisme tubuh semakin melambat. Ini terjadi baik pada pria maupun wanita.

Ada banyak upaya yang dilakukan orang untuk memangkas perut buncit, seperti mengurangi porsi makan, hingga olahraga rutin. Hasilnya, lemak di perut tetap tak kunjung hilang.

Berikut adalah 10 cara mengurangi perut buncit saat Anda memasuki umur 40 tahun ke atas.


1. Kurangi Garam

Terlalu banyak natrium dalam makanan berkontribusi pada edema dan kembung. Dampaknya lebih memengaruhi tubuh seiring bertambahnya usia. Hindari makanan siap saji dan makanan kaleng yang tinggi kandungan garam.

2. Hindari Makan yang Membuat Kembung

Pertimbangkan untuk mengambil makanan yang menyebabkan kembung, termasuk produk susu. Seiring bertambahnya usia, tubuh kita tidak dapat memecah laktosa secara efisien. Hindari makanan susu, dan Anda mungkin akan melihat beberapa perbaikan.

3. Menambah asupan protein

Asupan protein tinggi meningkatkan pelepasan hormon kepenuhan PYY, yang menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Protein juga meningkatkan laju metabolisme dan membantu Anda mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan.

Makanan berprotein tinggi, seperti ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan, sangat ideal untuk mengecilkan lemak di sekitar pinggang.

4. Olahraga

Di usia yang berada di antara tua dan dewasa, orang berusia 40 tahunan harus mencoba lebih banyak gerak atau olahraga agar masa otot yang berada di tubuh tidak menjadi hilang dan membakar lemak di sekitar perut.

Olahraga membangun massa otot tanpa lemak, yang, dari waktu ke waktu, akan membantu meningkatkan tingkat metabolisme istirahat yang perlahan-lahan menurun seiring bertambahnya usia.

5. Kurangi konsumsi gula

Gula merupakan makanan yang mengandung glukosa yang tinggi, setidaknya ketika Anda makan kurangi konsumsi gula jika ingin badan Anda terlihat ideal ketika tua. Gula juga menyebabkan lonjakan insulin yang dapat menyebabkan penyimpanan lemak.

Konsumsi Serat dan Omega-3
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading