7 Gerakan Olahraga Ini Ampuh Kecilkan Perut, Bye Buncit!

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
23 March 2022 09:23
Gerakan chair dip (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki perut buncit bisa mengganggu penampilan. Untuk mendapatkan perut yang lebih rata, selain dengan mengubah pola makan, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal apabila disertai dengan berolahraga secara teratur.

Berikut adalah gerakan olahraga yang bisa membantu Anda mengucapkan selamat tinggal pada perut buncit:

1. Twist crunch


Twist crunch merupakan salah satu gerakan yang mengharuskan Anda berbaring telentang di permukaan matras. Lalu tekuk kaki dengan posisi kaki menapak di tanah.

Posisi tangan mirip dengan gerakan sit-up, yaitu di bawah kepala. Kemudian, angkat bahu kanan dan arahkan ke bahu kiri. Ulangi tindakan di sisi yang berlawanan, untuk menjadikannya satu putaran lengkap.

2. Vertical leg crunch

Gerakan mengecilkan perut ini mengharuskan Anda untuk menjaga kaki tetap lurus, yang membuat otot perut akan bekerja lebih keras dan meningkatkan intensitas latihan. Lakukan 1-3 set dengan 12-16 pengulangan.

3. The stomach vacuum

Olahraga ini lebih menekankan pada teknik pernapasan daripada meningkatkan detak jantung. Untuk melakukan vakum perut, coba berdiri tegak di lantai, dan letakkan tangan di pinggul. Lalu, buang semua udara keluar, sebanyak yang bisa dilakukan.

Jika benar dilakukan, seharusnya tidak merasa ada udara di paru-paru. Kemudian, kembangkan dada, dan ambil udara sebanyak mungkin dengan mengecilkan perut sekecil mungkin, dan tahan. Cobalah tahan selama 20 detik (atau lebih) untuk seorang pemula, dan kemudian lepaskan. Ulangi 10 kali untuk satu set.

4. Pose perahu

Jangan mudah putus asa jika pertama kali mencobanya dan merasakan perut menjadi perih. Caranya yakni duduklah tegak dengan lutut ditekuk, kaki rata di lantai. Kemudian sandarkan tubuh ke belakang sambil menyeimbangkan posisi tulang duduk dan tegak lurus mengangkat kaki dari lantai.

Rentangkan tangan lurus ke depan, telapak tangan ke atas, dan kaki ke atas seperti pada gambar. Gerakan ini membuat tubuh terlihat seperti huruf V. Tahan pose ini selama 30 detik, lalu duduk tegak kembali.

5. Angkat kaki sambil berbaring

Gerakan olahraga perut ini bisa dilakukan sambil berbaring telentang di kasur. Angkat kaki sambil berbaring merupakan salah satu latihan yang paling menantang dibandingkan gerakan lainnya.

Namun perlu diingat, Anda harus bisa mengangkat kaki tanpa menekuknya. Kekuatan otot perut sangat besar dalam gerakan ini. Tahan pose ini selama beberapa detik. Turunkan kaki kita secara perlahan ke lantai dan ulangi 2-3 set ini dengan pengulangan 10 kali setiap set.

6. Bicycle crunch

Bicycle Crunch (Photo by Anna Shvets from Pexels)Foto: Bicycle Crunch (Photo by Anna Shvets from Pexels)
Bicycle Crunch (Photo by Anna Shvets from Pexels)

Gerakan ini mirip dengan orang yang mengendarai sepeda yang perlu mengayuh dengan kaki kanan dan kiri. Bedanya, gerakan olahraga untuk mengecilkan perut ini dilakukan sambil berbaring telentang dan kaki di udara.

Putar tubuh bagian atas ke kanan dan kiri dengan posisi kepala mengikuti arah. Saat kita melihat ke sisi kanan, kaki kiri Anda juga ikut ditekuk untuk menempel pada siku. Lalu luruskan kembali. Lakukan berulang kali secara bergantian.

7. Sit up

Sit up merupakan salah satu gerakan olahraga mengecilkan perut yang sangat ampuh dan mudah untuk dilakukan. Gerakan olahraga yang satu ini bisa memperkuat dan mengencangkan rektus abdominus, abdominus transversal, dan otot perut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga & Diet Ketat


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading