Ini Diet Paling Ampuh Turunkan Berat Badan Menurut Sains

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
09 May 2022 12:25
Ilustrasi (Photo by Louis Hansel on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada banyak metode diet yang dipercaya efektif menurunkan berat badan, mulai dari diet karbo, diet rendah lemak, diet keto, hingga diet vegan. Namun, dari banyaknya metode diet tersebut, manakah yang terbukti efektif menurut sains?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Dr. David Katz dan Stephanie Meller dari Yale University melakukan penelitian yang telah dipublikasikan dalam paper berjudul "Can We Say What Diet Is Best for Health?". Dalam penelitian tersebut, mereka membandingkan sejumlah metode diet: diet rendah karbohidrat, diet rendah lemak, diet rendah gula, diet Mediterania, diet campuran/seimbang (DASH), diet paleolitik, diet vegan, dan elemen diet lainnya.

Hasilnya, Katz dan Meller menyimpulkan bahwa tidak ada satu pun metode diet yang paling berhasil, namun mereka menemukan ada elemen umum dalam pola makan yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Elemen tersebut adalah hanya mengonsumsi makanan segar, bukan makanan olahan atau siap saji.


"Diet makanan yang dekat dengan alam, terutama sayur dan buah, sangat terkait dengan peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit," ujar Katz, dikutip The Atlantic, Senin (9/5/2022).

Diet ini idealnya mencakup tidak hanya buah-buahan dan sayuran, tetapi juga biji-bijian dan kacang-kacangan.

"Jika Anda mengonsumsi makanan yang langsung dari alam," tambah Katz, "Anda bahkan tidak perlu khawatir tentang lemak trans atau lemak jenuh atau garam tinggi."

Katz dan Meller juga menemukan tidak ada bukti ilmiah yang kuat bahwa diet rendah lemak lebih baik daripada diet tinggi lemak sehat, seperti diet Mediterania. 

Dari penelitian tersebut, Katz dan Meller juga menyimpulkan bahwa metode diet yang mengharuskan seseorang menghindari karbohidrat sama sekali tidak efektif. Justru, menemukan bahwa diet karbohidrat-selektif lebih baik daripada diet rendah karbohidrat, apalagi jika ditambah dengan konsumsi biji-bijian yang bisa mengontrol berat badan dan mengurangi risiko kanker. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

7 Kebiasaan Diet yang Salah Tapi Masih Sering Dilakukan!


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading