Benarkah Santan Mengandung Kolesterol Tinggi? Begini Faktanya

Lifestyle - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
02 May 2022 09:49
Ilustrasi Kolesterol Tinggi (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Momen hari Raya Idulfitri tidak lengkap rasanya tanpa kuliner yang beragam. Salah satu yang identik dan tak boleh terlewatkan adalah opor ayam dan rendang.

Cita rasa kedua makanan ini tak perlu diragukan lagi apalagi diberikan campuran santan yang tentu saja menambah kelezatannya. Namun, banyak masyarakat yang menghindari kedua makanan ini karena adanya campuran santan.

Sebab, masyarakat beranggapan bahwa santan memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dan tak baik bagi kesehatan. Sehingga perlu dihindari terutama bagi yang mengidap kolesterol dan hipertensi.


Lalu benarkah santan mengandung kolesterol tinggi?

Dikutip dari laman Kementerian Informasi dan Komunikasi, ternyata hal tersebut tidak benar. Faktanya, santan tidak mengandung kolesterol.

Menurut dr. Diana Suganda SpGK, spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah, buah-buahan tidak mengandung kolesterol, dan kelapa sendiri termasuk dalam jenis buah-buahan.

"Ternyata, bukan kolesterol yang terdapat dalam santan, melainkan lemak jenuh," kata dia yang dikutip Senin (2/5/2022).

Dari laman Halodoc, ternyata santan tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali, alias nol miligram. Pada porsi 100 gram santan, hanya ada sekitar 230 kalori, 5,54 gram karbohidrat, sodium, protein, lemak tidak jenuh ganda, lemak tidak jenuh tunggal, dan lemak jenuh.

Selain kandungan lemak jenuhnya, santan memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, yaitu sebesar 230 kalori untuk setiap 100 gram konsumsinya. Artinya, santan memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara asal atau dalam jumlah yang terlalu banyak.

Risiko yang mungkin terjadi terhadap konsumsi santan berlebihan adalah peningkatan berat badan alias obesitas.

Nah, menumpuknya lemak di dalam tubuh karena peningkatan berat badan ini yang memicu bermacam penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, atau masalah kardiovaskular lainnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Segini Besaran & Hitungan THR Karyawan Swasta 2022


(luc/luc)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading