Liburan Nataru Bikin Berat Badan Naik? Ini Cara Mencegahnya

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
27 December 2021 07:20
catering diet menu clean cookery

Jakarta, CNBC Indonesia - Anda punya banyak agenda makan-makan dengan keluarga serta teman dekat selama libur Natal dan tahun baru? Tak usah khawatir berat badan naik. Ikuti tips berikut ini supaya Anda tetap bisa menikmati liburan tanpa diet yang menyiksa. 

1. Kunyah makanan secara perlahan

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition mengungkap bahwa makan perlahan membantu tubuh cepat kenyang. Hal tersebut terjadi karena tubuh merespons sinyal kenyang yang dikirim otak dengan baik. Dengan makan secara perlahan, Anda bisa mengerem nafsu makan yang berlebihan. 


2. Makan di piring berukuran kecil

Percaya enggak kalau ukuran piring ternyata bisa mempengaruhi sebanyak apa makanan yang Anda konsumsi? 

Sebuah studi yang dilakukan Cornell University di Amerika Serikat mengungkap bahwa makan menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu menurunkan berat badan 2 pound atau 0,9 kg per bulan. Hal ini terjadi karena saat makan di piring kecil, otak akan menerima isyarat visual bahwa Anda sudah kenyang dengan sepiring penuh makanan. Karena itu, usahakan pakai piring berukuran kecil saat mengambil makanan ya!

3. Jangan makan sambil menonton televisi

Makan sambil menonton film atau series favorit memang menyenangkan. Namun, kebiasaan ini ternyata tidak bagus untuk tubuh Anda, lho! Makan sambil menonton televisi bisa mengganggu konsentrasi karena otak akan kesulitan menyadari sebanyak apa makanan yang sudah masuk ke tubuh. Karena itu, berikan perhatian yang lebih pada makanan yang sedang Anda santap supaya berat badan tetap terjaga.

4. Jangan begadang

Pola tidur yang buruk juga bisa menjadi faktor yang memicu kenaikan berat badan. Saat Anda kurang tidur, tubuh akan memproduksi hormon leptin yang lebih sedikit. Padahal, hormon ini bertugas menekan nafsu makan dan mendorong tubuh untuk mengeluarkan energi. Sebaliknya, ketika pola tidur terganggu, tubuh Anda akan memproduksi lebih banyak hormon ghrelin yang memicu rasa lapar. 

Tak hanya itu, setelah begadang biasanya Anda cenderung menginginkan makanan yang mengandung banyak gula dan berlemak tinggi. Jadi, masih mau begadang?


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

12 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Sehat dan Aman, Cobain!


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading