12 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet yang Menyiksa

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 June 2022 12:50
Ilustrasi (Photo by i yunmai on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki berat badan yang ideal tidak hanya bagus untuk penampilan, tapi juga kesehatan. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan kelebihan berat badan karena tak sanggup menjalani aturan diet yang ketat dan menyiksa. Padahal, diet ketat bukan satu-satunya cara untuk meraih berat badan ideal. 

Faktanya, ada 12 cara mudah menurunkan berat badan tanpa terasa menyiksa. Berikut caranya:


1. Perbaiki Mindset

Anda harus memiliki mindset bahwa memiliki tubuh sehat lebih penting daripada tubuh langsing. Atur mindset Anda agar berkomitmen untuk bisa hidup sehat untuk investasi jangka panjang. Sehingga, Anda bisa berkomitmen untuk menjalani pola hidup sehat seterusnya.

2. Terapkan Pola Makan Teratur

Pola makan yang tidak teratur akan membuat Anda lebih cepat lapar dan makan secara berlebihan. Seperti contohnya ketika Anda melewatkan sarapan, Anda akan merasa cepat lapar dan ingin makan lebih banyak di siang hari karena membuat tubuh kurang bertenaga saat menjalani aktivitas.

Oleh karena itu, biasakan untuk makan secara teratur sebanyak tiga kali sehari pada pagi hari, siang hari dan malam hari. Di sela-sela waktu tersebut, Anda bisa mengonsumsi camilan sehat atau buah-buahan agar tidak makan secara berlebihan di jam-jam makan berat.

3. Perbanyak konsumsi protein

Kandungan protein pada makanan memiliki efek kuat untuk meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu Anda untuk makan lebih sedikit kalori. Ini bisa jadi dikarenakan protein mengandung hormon yang berperan pada rasa lapar dan kenyang. Hormon tersebut termasuk ghrelin dan GLP-1. Jadi, jika Anda terlalu banyak makan makanan yang tinggi kalori berisi lemak jenuh, lebih baik pertimbangkan untuk beralih ke makanan yang kaya akan kandungan proteinnya.

4. Olahraga Ringan

Olahraga adalah rutinitas yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, baik saat diet maupun tidak. Bagi Anda yang sedang menjalani program menurunkan berat badan, tentunya harus didukung dengan berolahraga agar kalori yang terbakar di dalam tubuh bisa lebih maksimal. Pilih olahraga yang Anda sukai dan lakukan secara rutin. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, silahkan konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui jenis olahraga yang cocok dan aman.

5. Istirahat Cukup

Kekurangan waktu istirahat bisa menyebabkan seseorang menjadi cepat lelah dan tidak bertenaga, sehingga enggan untuk beraktivitas dan berolahraga. Kurang tidur juga bisa memicu produksi ghrelin, hormon yang menimbulkan rasa lapar. Maka dari itu, jika Anda sedang menurunkan berat badan, sangat disarankan untuk mencukupi waktu tidur, yakni 7-9 jam per hari agar berat badan tetap terkontrol.

6. Hindari Stres

Ketika stres, seseorang akan cenderung lebih banyak makan karena tubuh memproduksi hormon kortisol yang mampu meningkatkan nafsu makan. Biasanya, makanan yang dikonsumsi ketika stres adalah makanan-makanan yang tidak sehat. Jika Anda dalam kondisi stres, atasi dengan melakukan kegiatan yang disukai, seperti mendengarkan musik atau melakukan meditasi dan yoga.

7. Makan di piring kecil

Makan dengan menggunakan piring kecil mampu membantu Anda untuk merasa cukup ketika makan pada porsi yang pas. Secara tidak sadar, Anda menganggap bahwa makanan yang ada di piring kecil tersebut terlihat lebih banyak dibandingkan jika menggunakan piring besar. Secara tidak langsung, makan menggunakan piring kecil ini menjadi faktor pendukung untuk bantu meratakan perut buncit.

8. Perbanyak Konsumsi Serat

Makanan yang mengandung serat tinggi mampu membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Salah satu jenis serat adalah serat larut, yang mampu membentuk gel ketika bertemu dengan air. Gel ini nantinya akan meningkatkan waktu untuk menyerap nutrisi dan memperlambat pencernaan. Sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.

9. Tidak Melewatkan Waktu makan

Diet bukan berarti Anda harus melewatkan makan atau sengaja tidak makan. Ketika ingin menurunkan berat badan, maka Anda harus tetap makan sesuai jadwal. Justru, melewatkan waktu makan  akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh dan mengundang rasa lapar berlebih.

10. Kurangi makanan berlemak

Hindari mengonsumsi lemak jenuh apalagi di pagi hari karena akan membuat Anda menjadi cepat lapar dan mudah lelah. Anda bisa mencari tahu makanan yang mengandung lemak baik dan cocok untuk dijadikan menu sarapan sehat, seperti oatmeal, buah, yoghurt dan lainnya.

11. Kurangi Asupan Gula dan Junk Food

Gula mengandung kalori yang sangat tinggi sehingga tidak cocok untuk dikonsumsi ketika Anda sedang menurunkan berat badan. Selain itu, mengonsumsi gula secara berlebih dapat mengganggu kesehatan tubuh. Anda juga harus mengurangi makanan-makanan junk food karena mengandung lemak jenuh.

12. Banyak minum air putih

Normalnya, tubuh manusia terdiri dari 60% air. Ini berarti, air berperan penting bagi fungsi tubuh. itulah mengapa Anda tidak boleh membiarkan tubuh dehidrasi. Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik agar bisa berfungsi dengan baik untuk membakar lemak tubuh.

Minum air putih bisa menekan nafsu makan dan meningkatkan sistem metabolisme. Maka dari itu, disarankan untuk meminum air putih terlebih dahulu sebelum Anda mulai makan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

18 Cara Mengecilkan Paha, Alami dan Bisa Tanpa Olahraga!


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading