Terungkap! Cara Agar Tidak Kolesterol Meski Doyan Gorengan

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
27 May 2022 11:50
Ira Dijaya (41)melayani pembeli gorengan di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta, Jumat (7/1/2022). Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), secara nasional harga minyak goreng curah pada 29 Desember lalu hanya Rp.18.400/Kg. Pada 6 Januari 2022 atau kemarin, menyentuh Rp. 18.550/Kg, atau naik 0,81%. Kemudian minyak goreng kemasan bermerk 1 pada 30 Desember 2021 harganya Rp. 20.600/Kg. Sementara kemarin menjadi Rp. 20.800/Kg, naik 0,97%. Begitu juga minyak goreng kemasan bermerk 2. Di mana pada 30 Desember masih Rp. 20.030/Kg, kemarin menjadi Rp. 20.300/Kg atau meningkat 1,34%. Harga minyak goreng di pasar tradisional masih tinggi. Pedagang menginginkan harga segera normal kembali. Menurut Ira penjual gorengan

Jakarta, CNBC Indonesia - Gorengan merupakan salah satu makan ringan yang menjadi favorit banyak orang Indonesia. Meski demikian, kebiasaan mengonsumsi gorengan bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol yang berujung pada pembentukan plak pada pembuluh darah. Plak tersebut bisa menghambat aliran pembuluh darah dan berpotensi memicu penyakit stroke, aterosklerosis, hingga serangan jantung mendadak.

Lantas bagaimana cara menyantap gorengan tanpa membuat kolesterol naik?

Menurut dokter sekaligus penceramah, dr. Zaidul Akbar, ada trik mengonsumsi gorengan agar tidak menjadi ancaman kesehatan di kemudian hari adalah dengan memperbanyak asupan nutrisi setiap hari. Caranya, gunakan sebagian besar kesempatan yang ada untuk makan makanan sehat.


"80% lifestyle kita, lebih dominan yang sehat, 20% sisanya, silahkan cheating," ujarnya.

Cheating dalam konteks diet berarti Anda diizinkan untuk mengonsumsi makanan yang harus dihindari hanya pada waktu tertentu. Misalnya, dalam seminggu, Anda hanya boleh makan gorengan di akhir pekan. 

Dengan menerapkan pola makan sehat sebanyak 80%, tubuh bakal melindungi dirinya sendiri jika tiba-tiba ada makanan tak sehat yang masuk ke dalamnya. Ia juga berpesan untuk melakukan pola hidup sehat dulu sesering mungkin sebelum 'cheating' makan makanan olahan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas! Gorengan Bisa Tingkatkan Risiko Kematian


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading