Tanda Kolesterol Sangat Tinggi di Wajah Anda, Jangan Abai

Lifestyle - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
27 February 2022 20:20
Ilustrasi Kolesterol Tinggi (Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pada dasarnya tubuh manusia membutuhkan senyawa kolesterol untuk membantu memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, serta vitamin D.

Namun kadar kolesterol di dalam tubuh harus tetap pada aturan. Pasalnya, ketika kadar kolesterol jahat (LDL) terlalu tinggi, akan berakibat fatal karena dapat menyumbat pembuluh darah dan menghambat aliran darah ke jantung.

Oleh karena itu, tanda kolesterol tinggi perlu diwaspadai sedini mungkin agar bisa segera dicegah. Tanda-tanda tersebut rupanya dapat terlihat dari wajah.


Berikut gejala kolesterol tinggi, termasuk tanda kolesterol tinggi di wajah, seperti dilansir Healthline dan Mayo Clinic.

1. Nyeri pada Tengkuk

Nyeri pada tengkuk bisa disebabkan oleh banyak hal seperti rasa stres, kelelahan, juga kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi berkaitan dengan penumpukan plak pada pembuluh darah di area leher.

Plak yang menumpuk bisa menghalangi aliran darah dari leher menuju otak hingga menimbulkan rasa nyeri.

2. Rasa Lelah dan Nyeri di Kaki

Keluhan nyeri pada kaki juga bisa jadi gejala kolesterol tinggi. Aliran darah ke jaringan tubuh berkurang akibat penumpukan plak. Aliran darah yang terhambat membuat seseorang merasa mudah lelah.

Saat terjadi penumpukan plak di area kaki, timbul rasa berat, nyeri, bahkan sensasi seperti terbakar.

3. Nyeri Dada

Plak yang menutup pembuluh darah bisa menimbulkan rasa nyeri dada. Nyeri pada dada terjadi akibat arteri yang menyuplai darah ke jantung tersumbat.

Dada pun terasa sakit atau sebuah kondisi yang biasa disebut angina sebagai salah satu gejala kolesterol tinggi.

4. Xanthoma

Xanthoma menjadi salah satu tanda kolesterol tinggi di wajah yang perlu diwaspadai. Kondisi ini mengakibatkan benjolan atau lesi lunak kekuningan pada kulit.

Pada kasus kolesterol tinggi, lesi kekuningan umumnya timbul di sekitar mata dan lipatan mata. Xanthoma adalah kondisi ketika lesi kekuningan semakin membesar dan menyebar.

Tak hanya itu, bercak kuning juga dapat menunjukkan gejala arteri tersumbat dan akan terlihat tumpukan lemak di sekitar mata, hidung dan mulut. Kondisi itu disebut xanthelasma.

"Kondisi ini sering dikaitkan tak hanya orang dengan kolesterol tinggi, tetapi juga penyimpangan saat tubuh memetabolisme lemak dalam darah, yang juga dapat menurun pada keluarga," kata konsultan ahli kulit yang berbasis di Sydney, Australia, Emma Starritt.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

21 Makanan 'Penghancur' Kolesterol yang Ampuh dan Aman


(vap/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading