Terbongkar, Ini 9 Kebiasaan Makan Aneh Royal Family Inggris

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
27 January 2022 18:15
Pangeran Andrew (kanan) dan Ratu Elizabeth (kiri) (Tangkapan layar IG edward_princeandrewduke)

Jakarta, CNBC Indonesia - Setiap keluarga kerajaan tentunya memiliki aturan dan tata tertib sendiri, termasuk ketika makan. Namun siapa sangka, para anggota kerajaan juga memiliki kebiasaan makan yang dinilai unik.

Mantan koki pribadi kerajaan Inggris, Darren McGrady, yang dikutip Reader's Digest, membeberkan kebiasaan makan anggota keluarga kerajaan, mulai dari Pangeran Harry dan William hingga Ratu Elizabeth.

1. Harry dan William menyukai makanan cepat saji, terutama McDonald's


Jangan mengira pola makan pangeran Inggris hanya berputar di antara lobster dan makanan mewah lainnya. Pangeran Harry dan William ternyata memiliki kebiasaan makan yang serupa dengan rakyat jelata. Mantan koki pribadi keluarga kerajaan Darren McGrady mengatakan bahwa kedua putra Lady Diana itu menyukai produk McDonald's.

"Saya ingat Putri (Diana) datang ke dapur suatu hari dan berkata, 'Batalkan makan siang untuk anak-anakku dan ajak mereka keluar. Kami akan pergi ke McDonald's. Saya berkata, 'Yang Mulia, saya bisa melakukan itu, saya bisa membuat burger'. Lalu Putri Diana bilang, 'tidak, mereka menginginkan mainannya.'" ujar McGrady, yang pernah menjadi koki pada tahun 1982 hingga 1993 tersebut.

2. Putri Diana menjalani diet yang sangat ketat 

Princess Diana arrives at the Royal Geographical Society in London for a speech on the dangers of landmines throughout the world June 12, 1997. REUTERS/Ian WaldieFoto: Putri Diana (REUTERS/Ian Waldie)
Princess Diana arrives at the Royal Geographical Society in London for a speech on the dangers of landmines throughout the world June 12, 1997. REUTERS/Ian Waldie

Sudah bukan rahasia umum bahwa semasa hidupnya Puteri Diana menjalani diet yang ketat, sampai-sampai ada rumor beredar yang menyebut ia menderita bulimia. 

McGrady menyebut bahwa dia biasa membuatkan versi hidangan bebas lemak khusus untuk Putri Diana. Hidangan itu dibuat seolah mirip dengan hidangan tamu lainnya dan Putri Diana akan berpura-pura seolah makanan itu adalah makanan yang sama.

Selain itu, daging merah disebut sebagai menu terlarang untuk Putri Diana yang hanya mau makanan sehat.

3. Pangeran Philip tidak menyukai makanan organik yang jadi favorit Pangeran Charles

FILE - In this Wednesday, May 9, 2012 file photo, Britain's Queen Elizabeth II sits next to Prince Philip in the House of Lords as she waits to read the Queen's Speech to lawmakers in London. Buckingham Palace says Prince Philip, husband of Queen Elizabeth II, has died aged 99. (AP Photo/Alastair Grant, File)Foto: Ratu Inggris Elizabeth II duduk di sebelah Pangeran Philip (AP Photo/Alastair Grant)
FILE - In this Wednesday, May 9, 2012 file photo, Britain's Queen Elizabeth II sits next to Prince Philip in the House of Lords as she waits to read the Queen's Speech to lawmakers in London. Buckingham Palace says Prince Philip, husband of Queen Elizabeth II, has died aged 99. (AP Photo/Alastair Grant, File)

Menurut McGrady, Pangeran Philip tidak menyukai makanan hijau organik seperti putranya, Pangeran Charles. Philip hanya menggelengkan kepala dan keluar ketika melihat makanan organik yang dibawa oleh putranya dalam keranjang.

4. Pangeran Philip pernah bertukar makan malam dengan staf Istana

Aturan kerajaan menyatakan bahwa makanan yang disajikan harus dengan porsi yang lebih kecil. Namun, Pangeran Philip menyukai cara yang berbeda.

McGrady menceritakan, Pangeran Philip pernah menukar daging domba yang seharusnya menjadi makanannya, dengan jatah para pegawainya yang memiliki porsi lebih besar.

5. Keluarga kerajaan akan berbohong kepada Ratu tentang waktu makan malam

Ratu Elizabeth II punya kebiasaan selalu datang terlambat di jam makan malam. Untuk itu, anggota keluarga akan berbohong mengenai jam makan malam sehingga ketika Sang Ratu muncul, semua sudah siap dan datang tepat waktu.

"Makan malam pukul 8:30 di Balmoral ketika Ratu Elizabeth II hadir," kata McGrady.

Mereka biasa memberitahunya bahwa makan malam adalah pukul 8:15, dan dia akan menjadi anggota keluarga yang terakhir turun. Sementara, anggota keluarga kerajaan lain datang pada pukul 08:30 karena mereka tahu dia akan terlambat.

6. Sang Ratu makan dari Tupperware

Ternyata Ratu Inggris pun memahami unsur kepraktisan. Siapa sangka, untuk mencicipi buah kesukaannya, Ratu Elizabeth II tak menggunakan piring berlapis emas yang mewah.

Ratu menaruh beberapa makanan camilannya di wadah plastik agar lebih praktis membawanya. McGrady menginformasikan bahwa,"Di Balmoral, ia akan menikmati buah dari wadah kemasan plastik berwarna kuning.

7. Ratu Elizabeth II memilih makanannya dari buku menu

Ratu Elizabeth II memilih makanannya dari sebuah buku menu. "Di Istana Buckingham, kami akan membuat sebuah buku menu yang akan kami kirim ke Ratu dan ia bisa memilih masakan yang ia inginkan. Setelah dipilih, kami kembali ke dapur dan kami mulai memasaknya.

8. Makanan favorit Ratu adalah dark chocolate

Selain teh, Ratu Elizabeth II ternyata juga gemar konsumsi dark chocolate. 

"Sang Ratu suka makan makanan apa pun dari perkebunan, seperti burung buruan, burung pegar, belibis, ayam hutan. Dia suka makanan itu ada di menu. Tapi tentu saja, dia suka cokelat. Itu favoritnya, dan harus dark chocolate. Semakin gelap cokelatnya, semakin baik." kata McGrady

9. Setiap orang harus berdandan untuk makan malam

Saat makan malam, semua orang harus berdandan dan mengenakan pakaian terbaik, meskipun acara makan malam tersebut digelar di Balmoral, Skotlandia, yang menjadi rumah liburan anggota keluarga kerajaan. Di akhir makan, seorang pemain bagpipe, musik tradisional Skotlandia, akan berjalan mengelilingi meja. Meski begitu, tidak ada orang yang selalu berdandan sempurna. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mau Jadi Pelayan Ratu Elizabeth? Gajinya Menggiurkan


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading