Ratu Inggris Rayakan Platinum Jubilee, Satu Negara Berpesta

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
10 January 2022 18:55
FILE - In this Thursday June, 16, 2011 file photo Britain's Queen Elizabeth II with Prince Philip arrive by horse drawn carriage in the parade ring on the third day, traditionally known as Ladies Day, of the Royal Ascot horse race meeting at Ascot, England. Buckingham Palace says Prince Philip, husband of Queen Elizabeth II, has died aged 99. (AP Photo/Alastair Grant, File) Foto: Ratu Inggris Elizabeth II bersama Pangeran Philip tiba dengan kereta kuda di arena parade pada hari ketiga, yang secara tradisional dikenal sebagai Hari Wanita, dari pertemuan pacuan kuda Kerajaan Ascot di Ascot, Inggris, 16 Juni 2011. (AP Photo / Alastair Grant))

Jakarta, CNBC Indonesia - Ratu Kerajaan Inggris, Elizabeth II, akan merayakan Platinum Jubilee di tahun 2022 ini. Platinum Jubilee menandai 70 tahun sejak Ratu pertama kali naik takhta pada tahun 1952 sekaligus pemimpin Kerajaan Inggris yang paling lama memerintah dan kepala negara wanita terlama dalam sejarah.

Mengutip CNN Internasional, untuk merayakan hari jadi yang belum pernah terjadi sebelumnya tersebut, sejumlah acara akan berlangsung di seluruh Inggris sepanjang tahun. Acara puncak akan digelar pada akhir pekan di hari libur bank nasional selama empat hari, dari Kamis 2 Juni hingga Minggu 5 Juni, yang dikenal sebagai Jubilee Weekend.

Selama libur itu, ada berbagai acara publik serta "momen refleksi nasional" untuk memperingati 70 tahun pelayanan Ratu. Salah satunya adalah "Puding Platinum" -- sebuah kompetisi nasional membuat hidangan penutup yang didedikasikan untuk Ratu. Penduduk Inggris berusia delapan tahun ke atas akan diundang untuk membuat resep hidangan penutup andalan mereka. Para finalis akan dinilai oleh panel termasuk pembuat roti terkenal Mary Berry, Monica Galetti dan kepala koki Istana Buckingham, Mark Flanagan.


Tak hanya itu, pada tanggal 2 Juni mendatang, ada lebih dari 1.500 kota, desa dan kota di seluruh Inggris akan menyalakan suar untuk menandai Jubilee. Ibu kota negara-negara Persemakmuran juga akan menyalakan suar -- meskipun sentimen terhadap pemimpin Inggris di Persemakmuran sekarang berbeda di berbagai negara.

Ada juga kontes Platinum Jubilee di mana para seniman, penari, musisi, personel militer, hingga sukarelawan akan bersatu untuk menceritakan kisah pemerintahan Ratu Elizabeth II dalam sebuah festival kreativitas. Kontes tersebut akan berlangsung di London dan akan mencakup seni jalanan, teater, musik, sirkus, kostum, dan teknologi visual.

Perayaan yang akan datang sekaligus akan menjadi peringatan Jubilee pertama Ratu tanpa suaminya, Pangeran Philip, yang meninggal pada tahun 2021. Perkebunan pribadi Sang Ratu - termasuk Rumah Sandringham dan Kastil Balmoral - juga ikut merayakan acara bertema Jubilee.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading