Ini Penerbangan Terpendek di Dunia, Cuma 2,7 Kilometer!

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
10 January 2022 11:35
HondaJet Foto: REUTERS/Yuya Shino

Jakarta, CNBC Indonesia - Wilayah Skotlandia, Inggris, punya penerbangan terpendek di dunia. Penerbangan ini melayani rute Westray, sebuah pulau di tepi kepulauan Orkney di utara Skotlandia, ke pulau Papa Westray yang lebih kecil dan terpencil.

Mengutip CNN International, Guinness World Records menobatkan penerbangan tersebut sebagai yang terpendek di dunia karena hanya menempuh jarak 2,7 kilometer dalam waktu sekitar dua menit. Namun, saat cuaca sedang bagus dan beban yang dibawa pesawat tidak berat, penerbangan hanya butuh waktu 53 detik. 

Rute Orkney-Papa Westray dilayani oleh Loganair. Mereka mengoperasikan pesawat kecil dengan kabin seukuran mobil van. Dengan pesawat kecil itu, mereka hanya bisa mengangkut delapan orang penumpang.


Tak seperti di pesawat komersil pada umumnya, penumpang tidak bisa memilih tempat duduk. Alokasi kursi penumpang ditentukan berdasarkan berat badan agar beban pesawat dapat terdistribusi secara merata. 

Dalam sehari, ada dua hingga tiga kali jadwal penerbangan. Umumnya, penumpang adalah penduduk yang tinggal di pulau terpencil Papa Westray. Namun, di musim panas, ada juga beberapa turis yang ingin merasakan naik pesawat dengan rute terpendek sekaligus mengeksplorasi keindahan Pulau Papa Westray. 


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading