16 Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan, Anda Punya di Rumah?

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
14 January 2022 19:31
Bonsai Pinus (Photo by ilyessuti via Pixabay) Foto: Bonsai Pinus (Photo by ilyessuti via Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki koleksi tanaman hias di ruangan mampu membantu menjernihkan udara di sekitar dan meningkatkan kelembaban di area tersebut. Tak cuma itu, merawat tanaman di dalam ruangan ternyata juga bisa membantu Anda mengurangi rasa stres.

Menurut teori Feng Shui, tumbuhan tertentu mampu membantu menyeimbangkan unsur air dan bisa memindahkan energi negatif. Bukan hanya dapat menjadikan ruangan lebih cantik, ternyata beberapa tanaman dipercaya mampu membawa keberuntungan, kemakmuran dan cinta.

Rekomendasi Tanaman Hias Pembawa Hoki

Ada beberapa jenis tanaman pembawa hoki atau keberuntungan yang disebut-sebut sebagai pohon uang. Dalam teori Feng Shui, beberapa tanaman yang memberi keberuntungan adalah bambu hoki, anggrek, palem dan masih banyak lagi. Namun, tentunya Anda juga ingin tetap menempatkan tanaman yang membuat ruangan menjadi lebih estetik. Apalagi pada bagian depan rumah yang menentukan kesan pertama seseorang terhadap rumah Anda.


Penasaran apa saja jenis tanaman hias yang bisa membawa keberuntungan? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Tanaman Anggrek

Anggrek Bulan (Image by Dizzy Roseblade from Pixabay )Foto: Anggrek Bulan (Image by Dizzy Roseblade from Pixabay )
Anggrek Bulan (Image by Dizzy Roseblade from Pixabay )

Bunga anggrek seringkali menjadi incaran para pecinta tanaman hias karena kecantikannya. Tidak hanya indah untuk dilihat, ternyata di dalam Feng Shui, anggrek dapat meningkatkan keberuntungan di dalam keluarga.

Selain itu, anggrek dipercaya dapat membawa efek positif yang berdampak pada keberuntungan asmara, ketentraman bagi yang melihat dan bisa mempererat hubungan anggota keluarga. Tradisi Yunani kuno juga memercayai bahwa tanaman ini memiliki kaitan dengan fertilitas atau kesuburan. Dalam arti yang lain, tanaman anggrek sangat cocok untuk pasangan yang baru-baru menikah.

Beberapa tanaman anggrek yang mudah dirawat adalah anggrek Paphiopedilum dan Phalaenopsis. Anggrek putih polos dipercaya bisa membawa rasa tenang dan damai, sementara anggrek dengan warna yang cerah dikatakan mampu meningkatkan gairah, energi dan kreativitas.

2. Bunga Kertas atau Bougenville

Bunga kertas bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 10 meter jika ditanam di pekarangan tropis. Tanaman ini disebut sebagai bunga kertas karena bentuk bunganya yang tipis menyerupai kertas. Bunga berwarna merah cerah melambangkan hati yang penuh cinta.

Bunga bougenville atau yang sering dikenal sebagai bunga kertas ini dipercaya mampu membawa hubungan langgeng dan penuh kasih sayang di dalam keluarga. Selain itu, tanaman ini juga bermanfaat untuk kesehatan, karena bisa mengobati hepatitis hingga masalah kewanitaan.

3. Tanaman Kuping Gajah

Tanaman kuping gajah disebut-sebut sebagai tanaman pembawa hoki karena bentuk daunnya yang lebar layaknya kuping hewan gajah. Tanaman ini sangat dikenal di kalangan pecinta tanaman hias dan dianggap mampu membawa rezeki yang berlimpah.

Tanaman kuping gajah dikenal dengan nama lain anthurium crystallinum. Tanaman hias pembawa keberuntungan satu ini cocok ditanam di area pekarangan rumah.

4. Tanaman Peace Lily

Tanaman peace lily termasuk sebagai tanaman yang bagus untuk ruangan karena mampu membersihkan udara dan membangkitkan harmoni. Dalam ilmu Feng Shui dikatakan bahwa tanaman ini termasuk ke jenis tanaman pembawa hoki. Sesuai dengan namanya, tanaman peace lily ini merupakan simbol kedamaian.

Daunnya yang berwarna hijau besar memberikan kesan elegan dan bunganya yang berwarna putih cemerlang dipercaya mampu menciptakan suasana yang menyenangkan serta memurnikan udara. 

5. Bunga Lili

Selanjutnya ada bunga lili yang masuk ke dalam tanaman hias depan rumah pembawa keberuntungan. Tanaman ini memang sangat cocok jika diletakkan di area halaman rumah atau pada pot yang disimpan di sekitar teras.

Bunga lili dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan karena memiliki aura positif. Selain itu, bunga satu ini juga memberikan aroma harum yang bisa menyebarkan energi positif untuk para tamu yang berkunjung.

6. Bunga Teratai

Ada sebuah pepatah Buddhisme yang menggambarkan keberadaan ajaib bunga teratai: "Tanpa lumpur, tidak ada teratai." Akar teratai berada di dalam lumpur di dasar kolam. Namun, ia tetap mampu menampilkan bunga yang sangat indah. Ini merupakan sebuah metafora yang menunjukkan perjalanan manusia menuju titik terang.

Teratai. IstFoto: Teratai. Ist
Teratai. Ist

Bunga teratai dianggap sakral di beberapa budaya Asia. Bahkan, tanaman ini dijadikan simbol kedamaian dan keharmonian yang sempurna. Jika Anda memiliki kolam di depan rumah, silahkan percantik dengan bunga teratai. Karena bunga teratai dipercaya bisa membawa kebahagiaan, kesejahteraan dan suasana harmonis dalam rumah tangga.

7. Bunga Matahari

Bunga matahari memiliki arti yang berbeda-beda di seluruh dunia. Namun, bunga cantik berwarna kuning ini memiliki makna positif, kekuatan, kekaguman hingga kesetiaan.

Di dalam budaya Tiongkok, bunga matahari dipercaya sebagai simbol keberuntungan dan kebahagiaan abadi. Itulah mengapa bunga matahari sering kita temui ketika sedang wisuda atau saat memulai bisnis baru.

8. Tanaman Giok atau Jade Plant

Tanaman giok adalah tanaman hias yang bisa ditempatkan di depan rumah sebagai tanaman pembawa hoki. Tanaman ini dipercaya mampu memberikan kesuksesan dan kemakmuran. Giok diyakini dapat membawa kekayaan serta kesuksesan untuk membayar semua kerja keras Anda.

Tanaman ini akan tumbuh menjadi pohon kecil apabila ditanam pada lingkungan tepat. Terdapat beberapa jenis tumbuhan giok dan semuanya dipercaya mampu membawa keberuntungan. Oleh sebab itu, tanaman giok seringkali diberikan kepada pebisnis baru sebagai hadiah.

9. Tanaman Karet Kebo Hias

Tanaman karet dikenal juga dengan sebutan rubber plant yang memiliki ciri khas daun berbentuk bulat pada ujungnya. Tanaman ini disebut-sebut sebagai simbol keberuntungan, kemakmuran dan berlimpahnya uang.

Tanaman karet bisa diletakkan di depan rumah atau luar ruangan jika kawasan Anda merupakan kawasan tropis. Sedangkan, jika kawasan rumah Anda berada di kawasan dingin, Anda bisa menyimpannya di dalam ruangan sebagai tanaman hias.

10. Tanaman Sri Rejeki

Tentunya para pecinta tanaman hias sudah tidak asing lagi dengan tanaman sri rejeki. Tanaman pembawa keberuntungan ini memang sangat populer. Memiliki nama lain Aglaonema dan Chinese Evergreen, tanaman ini memiliki pertumbuhan yang cukup lambat dan memiliki variasi warna daun mulai dari hijau tua, kemerahan dan perak.

Tanaman ini memiliki ciri khas daunnya yang berbentuk oval besar dan mengkilap, serta batangnya yang berukuran pendek. Tanaman sri rejeki diyakini mampu membawa rezeki bagi orang yang menanam dan merawatnya.

11. Daun Lidah Mertua

Daun lidah mertua masuk ke dalam kategori snake plant dan sangat ideal jika ditempatkan pada area pekarangan rumah. Tanaman ini dipercaya mampu melindungi energi negatif yang datang dari luar rumah.

Lidah Mertua (Katerina Maglogianni via Pixabay)Foto: Lidah Mertua (Katerina Maglogianni via Pixabay)
Lidah Mertua (Katerina Maglogianni via Pixabay)

Selain bisa membawa hoki, tanaman lidah mertua juga bermanfaat untuk mengatasi sick building syndrom, kondisi di mana orang-orang yang berada di dalam ruangan jatuh sakit, sesak napas, pusing atau mual karena aliran udara buruk karena terlalu banyak polutan tau karbon dioksida. Ini karena tanaman lidah mertua mampu menyerap zat-zat yang tidak diinginkan.

Namun, ternyata terdapat pro dan kontra di dalam ilmu Feng Shui. Menurut Feng Shui, tanaman lidah buaya memiliki energi yang terlalu kuat ketika menghadapi energi negatif. Sehingga perlu diantisipasi dengan menempatkannya di tempat yang jarang dilalui oleh anggota keluarga.

12. Tanaman Bambu Air

Jika Anda memiliki kolam di area depan rumah atau taman bangunan, selain bunga teratai, bisa juga menanam tanaman bambu air. Bambu air dipercaya mampu mendatangkan kebahagiaan dan kemakmuran bagi penghuni rumah. Tanaman ini juga diyakini bisa mengusir energi negatif yang berasal dari luar rumah.

Walaupun bambu air kalah populer dari tanaman bambu, ukurannya yang kecil ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpannya dengan mudah. Anda bisa menyimpan di dalam rumah dengan sebuah pot dan meletakkannya di dekat jendela.

13. Tanaman Pilea

Tanaman pilea yang memiliki bahasa latin pilea peperomioides atau nama lainnya chinese money plant diyakini bisa membawa keberuntungan. Selain itu, tanaman ini juga dapat mempercantik ruangan di dalam rumah.

Tanaman populer yang menjadi pilihan Feng Shui ini juga menjadi tanaman yang terkenal di kalangan penggemar desain Skandinavia dan menjadi tanaman terfavorit di Norwegia. Selain membawa hoki, tanaman pilea sangat mudah dirawat dan tumbuh dengan baik.

14. Bunga Anthurium

Bunga mekar yang berbentuk hati berwarna-warni ini bisa membuat setiap ruangan terasa nyaman dan indah. Bungaanthurium dipercaya dapat membawa kegembiraan dan kebahagiaan dimanapun mereka berada. Bunga ini dikaitkan dengan perasaan cinta dan persahabatan tinggi.

Di dalam ilmu Feng Shui pun dikatakan bahwa tanaman pembawa hoki ini juga bisa membawa keberuntungan dalam hubungan Anda. 

15. Tanaman Bonsai

Pohon bonsai diyakini mampu menciptakan energi yang amat baik untuk satu orang. Sedangkan bagi orang lainnya, pohon bonsai bisa menjadi Feng Shui yang buruk. Tingkat simbolis Feng Shui akan sangat menentukan ketika Anda harus percaya terhadap perasaan sendiri tentang barang tertentu di rumah Anda. Intinya, Anda harus tahu apa yang dibicarakan tentang Feng Shui pohon bonsai.

16. Tanaman Palem

Tanaman hias palem sangat mudah didapat dan memiliki banyak sekali ukuran serta bentuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ternyata, menyimpan tanaman palem di sudut-sudut tertentu di halaman rumah bisa melengkapi elemen Feng Shui yang hilang.

Tanaman palem mampu menyerap zat kimia negatif seperti formaldehid dan xylene dari peralatan atau karpet baru. Jadi, selain menjadi tanaman pembawa keberuntungan, tanaman palem juga baik untuk menjaga kesehatan anggota keluarga.

Itu dia beberapa tanaman hias pembawa keberuntungan yang bisa menghiasi sudut-sudut ruangan rumah atau halaman rumah. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi Anda yang sedang mencari tanaman hias ya!


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading