Pelihara Kucing Turunkan Risiko Serangan Jantung, Benarkah?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 January 2022 08:20
Kucing scottish fold (AP/JEFF CHRISTENSEN) Foto: Kucing scottish fold (AP/JEFF CHRISTENSEN)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tak hanya jadi hewan peliharaan yang setia, kucing ternyata juga bisa membawa manfaat kesehatan bagi pemiliknya. Bagaimana caranya?

Sebuah riset mengungkap bahwa memelihara kucing dapat menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung dan penyakit kardiovaskular, termasuk stroke. Riset yang dilakukan sejak 2009 itu telah diterbitkan dalam Journal of Vascular and Interventional Neurology.

Menurut para periset, memelihara kucing dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular pada individu yang berisiko tinggi. Psikolog klinis berlisensi, Melanie Greenberg menyebut, memeluk kucing juga bisa meredakan gejala kecemasan. Sementara, aktivitas mengelus kucing juga dapat mengurangi tingkat stres.


"Mengelus kucing dapat melepaskan oksitosin, hormon ikatan atau 'bahan kimia pelukan' yang dapat mengurangi stres," kata Greenberg seperti mengutip dari In Style.

Inilah alasan mengapa saat membelai kucing, seseorang bisa merasakan bahagia dan tingkat stres akan berkurang. Tekanan darah pemilik kucing pun akan jadi lebih rendah.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading