Dijamin Kapok! Ternyata Begini Prosedur Kebiri Kimia

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 January 2022 12:45
Infografis: Predator Seksual Anak di RI Bakal Dikebiri

Jakarta, CNBC Indonesia - Kebiri kimia merupakan satu prosedur medis yang dapat dijadikan hukuman bagi pelaku kekerasan seksual. Secara umum, tujuan kebiri adalah untuk menurunkan kadar testosteron yang berkaitan dengan libido dan gairah seksual.

Lalu, seperti apa prosedur kebiri kimia?

Mengutip SehatQ, kebiri kimia dilakukan dengan memberikan zat antiandrogen penurun testosteron kepada pelaku kejahatan seksual. Biasanya, prosedur ini juga dilakukan sebagai salah satu metode pengobatan kanker prostat, atau penyakit lain yang membutuhkan terapi hormon.


Kebiri kimia dilakukan dengan pemberian obat secara oral (obat minum), suntik, atau meletakkan implan di bawah kulit. Cara ini dapat memengaruhi kadar testosteron tanpa harus mengangkat testis atau mengubah tampilan fisik buah zakar.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa efek dari kebiri kimia tidak permanen. Karenanya, penyuntikan obat penurun testosteron pada kebiri kimia ataupun terapi hormon lainnya tidak dapat dilakukan sekali. Butuh beberapa kali pemberian zat kimia hingga efektif menurunkan kadar hormon testosteron di dalam tubuh. 

Adapun jumlah pemberian zat kimia akan tergantung pada jenis obat dan dosis yang diberikan. Penyuntikan atau minum obat antiandrogen dapat dilakukan selama satu bulan sekali, atau setidaknya setahun sekali.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading