Ngeri! Ini Efek Kebiri Kimia yang Jarang Diketahui

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
14 January 2022 09:35
Infografis: Predator Seksual Anak di RI Bakal Dikebiri

Jakarta, CNBC Indonesia -- Kebiri kimia merupakan salah satu hukuman yang dapat diberikan pada pelaku kejahatan seksual di Indonesia. Aturan mengenai kebiri kimia ini juga sudah disahkan oleh Presiden Jokowi pada 2020 lalu. Namun, sebagian besar orang mungkin belum memahami betul mengenai tindakan kebiri kimia dan efeknya pada pria. 

Apa itu kebiri kimia?

Mengutip SehatQ, kebiri kimia adalah prosedur pemberian zat kimia yang berisi antiandrogen untuk menurunkan kadar testosteron seorang pria. Pemberian obat penurun testosteron ini bisa dilakukan lewat suntikan ataupun minum obat.


Kebiri sendiri sebenarnya terbagi menjadi dua, yakni kebiri fisik (orkiektomi) dan kimia. Perbedaan keduanya terletak di prosedur yang dilakukan. Pada kebiri fisik, dokter akan mengangkat salah satu atau kedua testis seorang pria. Fungsi testis sendiri adalah memproduksi sel sperma dan hormon testosteron. Sementara pada kebiri kimia, sejumlah obat antiandrogen diberikan untuk menekan produksi testosteron. 

Kebiri bertujuan untuk menurunkan kadar testosteron yang berkaitan dengan libido dan gairah seksual. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Sexual Abuse: The Journal of Research and Treatment, diketahui bahwa pelaku kejahatan seksual memiliki kadar hormon testosteron yang lebih tinggi.

Efek kebiri kimia

Terdapat beberapa efek kebiri kimia, antara lain:

  • Gairah seksual menurun atau hilang sama sekali
  • Disfungsi ereksi
  • Ukuran testis atau penis menyusut
  • Kelelahan
  • Pembesaran payudara pria (ginekomastia)
  • Osteoporosis
  • Anemia
  • Berkurangnya massa otot
  • Penambahan berat badan

Perlu diketahui, efek kebiri kimia tidaklah permanen. Begitu obat-obatan dihentikan, maka fungsi testis dapat kembali seperti semula dalam memproduksi testosteron.

Meski demikian, semakin lama penggunaan zat kimia untuk menurunkan kadar testosteron, efek samping yang muncul juga bisa bertahan lebih lama, atau bahkan jadi permanen. Salah satu efek kebiri kimia pada pria dalam jangka panjang adalah menyebabkan ketidaksuburan, alias infertilitas.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading