4 Fungsi Mode Dry pada AC yang Jarang Diketahui, Bikin Hemat!

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
30 November 2021 19:21
ac

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemilik AC di rumah terkadang tidak mengetahui detail fitur yang ada pada AC. Salah satunya fitur mode dry AC atau mode kering. Sebenarnya terdapat beberapa pilihan mode pada AC, namun kali ini kita akan membahas lebih detail mengenai fungsi dari mode dry yang terdapat di remote AC.

Sebelum masuk ke pembahasan, perlu diketahui bahwa AC memiliki beberapa mode, seperti mode cool, fan mode, mode auto dan terakhir mode dry.

Mode dry pada AC dilambangkan dengan ikon tetesan air pada remote AC. Lalu apa fungsi mode tersebut? Simak penjelasannya berikut ini:


Fungsi Mode Dry di AC

Ada beberapa fungsi atau manfaat dari mode dry pada AC. Ternyata mode dry bisa memberikan manfaat tertentu untuk pengguna AC, antara lain sebagai berikut:

1. Menghemat Listrik

Hal yang sering ditakuti pemilik AC adalah tagihan listrik yang membengkak. Nah, mode dry ini akan menjadikan kinerja kipas dan kompresor AC lebih rendah, sehingga dapat menurunkan daya listrik yang diperlukan ketika AC menyala.

Dengan menggunakan mode dry, tegangan listrik akan lebih rendah dan tentunya menjadi lebih hemat. Hal ini tentu berpengaruh pada tagihan biaya listrik yang akan lebih sedikit.

2. Sebagai Dehumidifier

Mode dry AC sangat cocok diaktifkan ketika sedang musim hujan karena kelembapan udara di ruangan akan meningkat sangat tinggi. Dengan mengaktifkan mode dry, AC akan mampu menurunkan kelembapan udara di dalam ruangan.

Kadar air yang ada di udara akan dikurangi, sehingga udara lebih kering. Dengan demikian, mode ini sangat penting digunakan saat sedang musim penghujan. Tapi tenang saja, ruangan Anda akan tetap sejuk sesuai dengan suhu yang Anda butuhkan.

Masih banyak pengguna AC yang belum mengetahui fungsi ini, sehingga tidak sedikit orang menyetel mode dry ketika sedang musim panas yang memiliki kelembapan udara sangat rendah. Alhasil, kulit akan menjadi cepat kering saat berada di ruangan.

3. Membuat Komponen AC lebih Awet

Manfaat dari mode dry selanjutnya adalah menjadikan komponen AC menjadi lebih awet. Hal ini dikarenakan kompresor dan kipas pada AC bekerja lebih rendah, sehingga secara tidak langsung berdampak pada ketahanan komponen AC.

Anda tidak perlu lagi menghubungi jasa servis AC terlalu sering atau mengganti AC yang baru. Anda bisa menggunakan mode dry saat musim penghujan dan mode cool saat musim kemarau.

4. Memberikan Dampak Baik untuk Lingkungan

Mengaktifkan mode dry sama dengan Anda menghemat pengeluaran listrik. Hal ini secara tidak langsung akan memengaruhi lingkungan. Dengan menghemat pemakaian listrik, tentu Anda juga turut memberikan dampak yang baik bagi lingkungan sekitar.

Sebagai catatan, ketika Anda mengaktifkan mode dry pada AC, disarankan untuk menggunakan lotion kulit agar kulit tetap terasa lembap. Itulah mengapa mode dry cocok diaktifkan saat udara sedang lembap karena nantinya akan menurunkan udara menjadi normal.

Anda bisa mengaktifkan mode dry dengan cara tepat untuk mendapatkan manfaat-manfaat seperti yang sudah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading