Gokil! Qatar Pasang AC Raksasa di Stadion Piala Dunia 2022

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
24 November 2022 20:33
Stadion Pendidikan Qatar it isan stadion berpendingin terbuka dengan kapasitas 45.350 kursi dan terletak di tengah beberapa kampus universitas di Kota Pendidikan Qatar Foundation di Doha. (Foto AP/Hassan Ammar) Foto: Sistem pendingin di stadion Piala Dunia Qatar (Foto AP/Hassan Ammar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tujuh stadion yang digunakan untuk Piala Dunia 2022 di Qatar dilengkapi teknologi pendingin yang canggih.

Meski turnamen empat tahunan itu digelar jelang penghujung musim dingin, temperatur di Qatar yang saat ini rata-rata 26 derajat Celsius tetap terasa sangat panas bagi sebagian pemain dan penonton. Karena itu, negara tuan rumah memasang AC raksasa demi memastikan kenyamanan baik untuk pemain saat bertanding di lapangan hijau maupun supporter yang mendukung jagoan mereka dari kursi penonton. 

Mengutip laman FIFA, teknologi pendingin ini menggunakan energi bertenaga surya. Mesin akan menarik masuk udara dari luar, lalu mendinginkannya dan mendistribusikan ke seluruh stadion. Teknologi tersebut bertujuan untuk menstabilkan suhu selama pertandingan agar tidak melebihi 21 derajat Celsius. Temperatur ini dinilai yang paling ideal bagi para pemain agar bisa bertanding dengan maksimal. 

Fasilitas AC disediakan di stadion oleh pemerintah Qatar untuk pagelaran Piala Dunia 2022. (Dok. Fifa)Foto: Fasilitas AC disediakan di stadion oleh pemerintah Qatar untuk pagelaran Piala Dunia 2022. (Dok. Fifa)

Mesin pendingin yang canggih ini dihadirkan oleh Supreme Committee for Delivery & Legacy bekerja sama dengan Universitas Qatar. Saud Abdulaziz Abdul Ghani, Profesor Teknik di Universitas Qatar, memainkan peran kunci dalam menciptakan sistem AC raksasa tersebut.

"Studi PhD saya berfokus pada AC di dalam mobil dan kami menerapkan teori yang sama ke stadion Piala Dunia kami - tetapi jelas dalam skala yang jauh lebih besar," kata Dr. Saud.

"Spot cooling berarti kami hanya mendinginkan area yang dibutuhkan orang - seperti di lapangan dan tribun penonton," sambung dia.

Stadion Pendidikan Qatar it isan stadion berpendingin terbuka dengan kapasitas 45.350 kursi dan terletak di tengah beberapa kampus universitas di Kota Pendidikan Qatar Foundation di Doha. (Foto AP/Hassan Ammar)Foto: Stadion berpendingin terbuka dengan kapasitas 45.350 kursi dan terletak di tengah sejumlah kampus universitas di Kota Pendidikan Qatar Foundation di Doha. (Foto AP/Hassan Ammar)

"Bentuk masing-masing stadion berfungsi sebagai pembatas, yang berisi gelembung dingin di dalamnya. Teknik sirkulasi udara kami mendinginkan udara, menyaringnya, dan mendorongnya ke arah para pemain dan penonton. Setiap stadion didinginkan hingga suhu yang nyaman sekitar 20 derajat."

Teknologi ini sekarang dipasang di tujuh dari delapan stadion Piala Dunia Qatar 2022, dengan satu-satunya pengecualian Stadium 974, yang dapat dibongkar sepenuhnya dan memiliki ventilasi alami.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Fans Bola Wajib Tahu! Ini Aturan Nonton Piala Dunia di Qatar


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading