7 Jenis Olahraga Mengecilkan Perut dengan Cepat dan Aman

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
26 November 2021 17:40
Ilustrasi Perut Buncit (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki perut buncit kadang memang bisa menurunkan rasa percaya diri. Tak sedikit orang yang berusaha untuk mengurangi dan bahkan menghilangkan perut buncit.

Untuk menghilangkan perut buncit, tentunya Anda harus menurunkan berat badan dan juga mengencangkan otot sekitar perut.

Hal itu bisa dilakukan dengan berolahraga secara teratur dan mengatur pola makan. Memang perut buncit akan membuat diri merasa tidak nyaman, sehingga menurunkan rasa percaya diri.


Selain dengan mengatur asupan kalori harian dalam tubuh, Anda bisa mempercepat untuk mengecilkan perut dengan melakukan olahraga. Berikut jenis olahraga untuk mengecilkan perut dengan cepat, aman, dan mudah.

Olahraga Kardio untuk Perut Rata

Aktivitas fisik dari olahraga kardio bisa membantu menurunkan berat badan secara keseluruhan, termasuk pada bagian perut tanpa menggunakan peralatan tambahan.

Apa saja jenis olahraga kardio yang mudah dan mampu membantu mengecilkan perut? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Berlari Santai atau Jogging

Jogging adalah jenis olahraga kardio yang bisa dilakukan dengan mudah dan murah tanpa harus menggunakan alat olahraga tambahan.

Aktivitas lari santai secara rutin bisa memberikan efek signifikan penurunan berat badan. Lakukan perhitungan tentang berapa kalori masuk dan yang harus dibakar dengan olahraga untuk menentukan durasi hingga intensitas jogging.

2. Lompat Tali

Olahraga yang sering disebut skipping ini bisa menjadi alternatif pilihan olahraga jika tidak ingin pergi keluar rumah.

Olahraga lompat tali cukup efektif untuk menurunkan berat badan sehingga bisa mengecilkan perut. Selain itu, olahraga ini juga meningkatkan kebugaran dari organ jantung dan paru-paru.

3. HIIT

HIIT atau high-intensity interval training adalah jenis olahraga kardio yang intens dan dilakukan dalam waktu singkat.

Biasanya HIIT kardio dilakukan selama 10-30 menit diselingi dengan beberapa kali istirahat untuk memulihkan kondisi tubuh.

Manfaat dari HIIT kardio adalah bisa membakar banyak kalori dalam waktu singkat tergantung dari intensitasnya.

Bahkan, sebuah penelitian menyatakan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan di HIIT kardio dapat membakar 25% hingga 30% lebih banyak kalori pada tubuh dibandingkan dengan lari dan bersepeda.

Gerakan Senam yang Bantu Mengecilkan Perut
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading