Ini Cara Ampuh Hilangkan Bekas Luka di Kaki Pakai Bahan Alami

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 November 2021 10:40
Ilustrasi madu. (Dok: Pixbay) Foto: Ilustrasi madu. (Dok: Pixbay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki bekas luka di kaki tentunya dapat merusak penampilan. Sebab, bekas luka umumnya cenderung terlihat gelap dan sulit untuk dihilangkan.

Banyak orang menggunakan beberapa pengobatan untuk menghilangkan bekas luka. Kendati demikian, perlu adanya kesabaran dan proses yang lama untuk mendapatkan hasil sempurna.

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan menggunakan bahan alami yang mudah didapat, seperti dirangkum CNBC Indonesia.


1. Minyak zaitun

Tingginya kandungan antioksidan di dalam minyak kelapa, minyak jojoba, atau minyak zaitun dipercaya mampu menghilangkan bekas luka, terutama akibat jerawat atau dermatitis.

Anda cukup mengoleskan langsung minyak zaitun atau minyak kelapa ke bekas luka, sambil memijit secara perlahan selama sekitar 10 menit. Selanjutnya, biarkan kulit menyerap minyak selama minimal satu jam.


2. Lidah Buaya

Lidah buaya termasuk salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Lidah buaya juga bisa membantu menyamarkan dan menghilangkan bekas luka membandel.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke area bekas luka, kemudian diamkan selama sekitar 30 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, gunakan gel lidah buaya sebanyak 2 kali sehari.


3. Dermabrasi

Dermabrasi bisa dilakukan untuk mengatasi bekas luka di kulit yang membuat permukaan kulit tampak tidak rata. Prosedur ini dilakukan dengan cara mengikis bagian permukaan kulit bekas luka dan merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru, sehingga lapisan kulit tampak lebih halus dan merata.


4. Bawang putih

Bawang putih sudah lama dikenal sebagai obat herbal untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan, termasuk masalah pada kulit. Tidak hanya mampu menghilangkan bekas jerawat, bawang putih juga dipercaya bisa membantu menghilangkan bekas luka akibat psoriasis.

Anda cukup mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan pada area bekas luka, kemudian diamkan beberapa menit. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan bawang putih dengan campuran lidah buaya atau madu.


5. Baking soda

Baking soda bisa menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya bisa menghilangkan bekas luka.

Campurkanlah baking soda dengan air suling sedikit demi sedikit hingga berubah menjadi kental. Setelah itu, oleskan ke area bekas luka. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.


6. Madu

Tidak hanya buat kesehatan dan kecantikan, madu juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, sekaligus menghilangkan bekas luka yang membandel. Ini karena madu mengandung efek antibakteri, antiradang, dan antioksidan yang baik untuk proses pemulihan luka di kulit.

Anda cukup mengoleskan madu ke area bekas luka, lalu balut dengan perban. Setelah itu, diamkan semalaman dan lepaskan perban di pagi hari. Bersihkan kulit dengan air hangat.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading