Mudah & Murah, Ini 8 Cara Hilangkan Jerawat dari Rumah Saja

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
17 December 2021 12:35
Ilusrasi Jerawat (Photo by SharonMcCutcheon via Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki jerawat pada wajah adalah hal yang mengganggu. Tidak hanya di wajah, jerawat juga dapat tumbuh atau timbul di bagian tubuh lain, seperti bahu, lengan atas, dada, hingga punggung.

Jerawat yang timbul kerap kali menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman. Namun perlu diingat, ketika jerawat muncul sebaiknya hindari untuk memencetnya karena dapat meningkatkan risiko infeksi dan lebih lama sembuh.

Ada beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami dan mudah dilakukan di rumah. Lantas apa sajakah itu? Berikut paparannya, seperti dirangkum CNBC Indonesia.


1. Madu

Menggunakan madu juga bisa menjadi pilihan cara menghilangkan jerawat yang efektif. Madu mentah yang belum diolah diketahui lebih efektif menghilangkan jerawat. Caranya mudah, cukup oleskan madu dan pijat pada area yang ingin kamu hilangkan jerawatnya.


2. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman tropis yang daunnya menghasilkan gel bening. Gel lidah buaya sering ditambahkan ke lotion, krim, salep, dan sabun.

Gel lidah buaya biasanya digunakan untuk mengobati lecet, ruam, luka bakar, dan kondisi kulit lainnya. Saat dioleskan ke kulit, gel lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka, mengobati luka bakar, dan melawan peradangan.


3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat aman bagi kulit karena mengandung beragam vitamin seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin C.

Minyak zaitun dapat menghilangkan jerawat. Caranya, oleskan minyak zaitun ke area jerawat dan pijat dengan perlahan. Biarkan selama satu jam, lalu bilas dengan air dingin.


4. Putih Telur

Kandungan enzim lysonzim yang terdapat di dalam putih telur ternyata mampu digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat secara ampuh.

Caranya, Anda bisa pisahkan putih telur dari kuningnya. Anda bisa menambahkan air perasan lemon, kemudian oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih.


5. Bawang Putih

Zat sulfur dipercaya mampu menghilangkan jerawat dengan cepat. Zat ini bisa Anda temui pada bawang putih yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur sehari-hari.

Caranya, ambil satu siung bawang putih, kemudian potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu tempelkan pada jerawat atau bekas jerawat. Tunggu sampai 15 menit kemudian bersihkan.


6. Air Lemon

Buah lemon yang memiliki kandungan asam askorbat ini sangat ampuh digunakan untuk menghilangkan jerawat membandel pada kulit. Selain itu, buah ini juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat pada kulit.

Caranya, ambil peras satu buah lemon. Kemudian airnya bisa langsung dioleskan pada muka yang berjerawat. Tunggu 10-15 menit kemudian bilas dengan air bersih.


7. Tomat

Kandungan vitamin A dan C yang terdapat di dalam buah tomat juga dapat menghilangkan jerawat secara alami. Ambil 1 buah tomat kemudian potong menjadi dua bagian. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas dengan air bersih.


8. Alpukat

Alpukat yang sering digunakan sebagai masker kulit ini ternyata juga dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan jerawat secara alami. Kandungan vitamin E mampu membuat kulit menjadi lembut dan mampu mengurangi peradangan pada kulit berjerawat.

Caranya, ambil daging buah alpukat. Kemudian haluskan hingga membentuk masker, setelah itu Anda bisa menambahkan satu sendok madu. Oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Khawatir Bun, Ini 6 Cara Jitu Hilangkan Stretch Mark


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading