Tanpa Obat, Ini 16 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
16 December 2021 18:25
Ilustrasi Wanita (Photo by Valerie Elash on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rambut panjang dan sehat menjadi idaman hampir setiap para wanita. Namun, terkadang proses memanjangkan rambut membutuhkan lebih banyak waktu dan tidak semudah yang dibayangkan.

Sering kali wanita yang ingin memanjangkan rambutnya justru menghadapi masalah pada rambut, seperti rambut rontok, rambut kering dan bercabang hingga rambut lepek. Akhirnya, banyak juga wanita yang menyerah untuk memiliki rambut panjang dan memilih untuk memotongnya.

Oleh karena itu, mari kita bahas cara memanjangkan rambut dengan cepat dan menjaganya agar tetap sehat.


Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa rambut akan tumbuh secara alami sekitar 2 cm setiap 30 hari. Namun ada beberapa cara memanjangkan rambut dengan cepat yang bisa Anda lakukan. Selain mendapatkan rambut yang panjang, Anda harus tetap teratur merawatnya dengan produk yang tepat agar tidak mengundang masalah rambut lainnya.

Dengan mengubah kebiasaan sehat sehari-hari, secara langsung Anda bisa membantu rambut untuk tumbuh lebih cepat dan sehat. Berikut ulasannya.

1. Menggunakan Kondisioner

Cara memanjangkan rambut dengan cepat yang pertama adalah dengan melengkapi perawatan rambut dengan menggunakan kondisioner. Sampo akan berfungsi sebagai pembersih rambut dan kondisioner akan membantu mengembalikan minyak alami serta protein yang hilang di rambut.

Kondisioner juga dapat merapikan kutikula rambut yang terasa kasar dan terlihat kusam. Melengkapi perawatan rambut dengan penggunaan kondisioner akan membantu rambut menjadi lebih elastis dan terhindar dari kerontokan.

Untuk memanjangkan rambut dengan cepat, tentu Anda harus memperhatikan dan menghindari masalah rambut seperti kerontokan agar segera mendapatkan rambut yang panjang.

2. Menyisir Rambut dengan Rutin

Rutin menyisi rambut bisa membantu pertumbuhan rambut karena dapat menstimulasi kulit kepala untuk melepaskan minyak alami dan menyebarkannya ke setiap helaian rambut. Jadi, salah satu cara memanjangkan rambut dengan cepat adalah membiasakan untuk menyisir rambut secara rutin saat rambut kering, setidaknya dua kali sehari.

Anda bisa menyisir rambut, terutama sebelum tidur dengan menggunakan sisir bergigi jarang atau yang berbulu halus agar terhindar dari kerontokan. Jika rambut Anda kusut, silahkan pisahkan rambut terlebih dahulu menggunakan jari secara perlahan.

3. Setop Sisir Rambut Saat Basah

Rambut dalam keadaan basah cenderung lebih rapuh dan rentan saat disisir. Menyisir rambut saat basah bahkan bisa membuat rambut Anda semakin tipis dan rusak. Tentunya hal tersebut justru akan membuat rambut menjadi sulit panjang. Maka dari itu, hindari menyisir rambut saat masih basah.

4. Jangan Bungkus Rambut Basah dengan Handuk

Banyak wanita yang sudah terbiasa membungkus rambutnya dengan handuk saat keadaan basah. Padahal hal tersebut dapat menyebabkan helaian tipis rambut tersangkut pada serat-serat handuk. Sehingga rambut lebih mudah kusut dan rontok. Jika hal ini terus dilakukan, tentu akan membuat rambut semakin sulit panjang.

5. Potong Ujung Rambut Secara Teratur

Cara memanjangkan rambut dengan cepat selanjutnya adalah dengan memotong bagian ujung rambut secara teratur. Hal ini tidak akan membuat rambut Anda akan terus pendek. Apalagi jika Anda memiliki masalah rambut seperti rambut bercabang.

Rambut bercabang tersebut akan menghambat pertumbuhan rambut baru dan membuat helaian rambut semakin tipis sehingga mudah rontok. Jadi, memotong ujung rambut yang rusak secara teratur menjadi cara memanjangkan rambut dengan cepat dan efektif.

6. Kurangi Penggunaan Alat Pemanas Rambut

Peralatan rambut seperti catokan, pengeriting rambut dan hair dryer memang dibutuhkan untuk mempercantik tatanan rambut. Namun, jika terlalu sering digunakan, apalagi tanpa perawatan yang baik dan benar, panas yang dihasilkan dari alat tersebut dapat membuat rambut menjadi rapuh.

Akibatnya, rambut akan menjadi rapuh sehingga mudah rontok dan patah. Tekanan panas yang dihasilkan dari alat tersebut dapat menghambat pertumbuhan rambut dalam jangka panjang. Jadi, jika Anda ingin memanjangkan rambut dengan cepat, hindari penggunaan peralatan rambut yang menimbulkan panas terlalu sering.

7. Mengeringkan Rambut Secara Alami

Cara memanjangkan rambut dengan cepat selanjutnya adalah dengan mengeringkan rambut secara alami setelah keramas. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa penggunaan hair dryer terlalu sering dapat menimbulkan kerusakan rambut.

Jadi, jika Anda ingin rambut tumbuh lebih cepat, biarkan rambut kering secara alami melalui udara. Jika tidak ada cara lain selain menggunakan hair dryer, Anda bisa menggunakannya dengan jarak yang cukup jauh.

8. Rutin Keramas tapi Jangan Setiap Hari

Agar rambut tetap bersih, tentunya Anda harus menggunakan sampo untuk keramas. Nah, yang harus Anda ketahui adalah, agar rambut tumbuh dengan baik, maka jangan keramas terlalu sering, seperti setiap hari.

Kulit kepala menghasilkan minyak alami yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Jika Anda keramas setiap hari, tentu itu akan membuat minyak alami berkurang dengan cepat dan menghambat pertumbuhan rambut.

Selain itu, gunakan air dingin saat keramas untuk merawat kutikula rambut. Disarankan untuk membersihkan rambut setidaknya dua hingga tiga hari sekali saja.

9. Rutin Memijat Kulit Kepala

Untuk memanjangkan rambut kepala dengan cepat, Anda bisa merangsang pertumbuhan rambut dengan memijat kulit kepala secara rutin. Cara memanjangkan rambut dengan cepat ini bisa Anda lakukan minimal tiga kali dalam seminggu.

Memijat kulit kepala akan membantu memperlancar aliran darah pada kulit kepala sehingga mempercepat proses pertumbuhan rambut. Pemijatan kepala tidak harus selalu dilakukan di salon. Anda bisa melakukannya di rumah saat keramas. Pijatlah kulit kepala secara lembut selama tiga sampai lima menit.

Memijat kulit kepala juga mampu membersihkan kotoran-kotoran yang menjadi penyebab tumbuhnya jamur atau ketombe.

10. Kurangi Proses Kimiawi pada Rambut

Semakin sedikit proses kimia yang diterima rambut maka akan semakin membantu rambut tetap sehat dan tumbuh dengan cepat. Proses kimia seperti mewarnai rambut (bleaching dan coloring) bisa membuat rambut kering dan mudah rontok.

Hal tersebut tentu menghambat pertumbuhan rambut. Jadi, jika Anda ingin menumbuhkan rambut dengan cepat, disarankan untuk menghindari proses kimia pada rambut terlebih dahulu.

11. Mengoleskan Minyak Kemiri

Minyak kemiri memang sudah terkenal ampuh untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Minyak kemiri sering sekali digunakan bahkan untuk bayi yang masih memiliki rambut tipis. Anda hanya perlu melakukan pemijatan kulit kepala sebelum tidur dengan minyak kemiri.

Cukup teteskan lima tetes minyak kemiri dan pijat-pijat kulit kepala selama 5-10 menit. Biarkan semalaman lalu bilas hingga bersih di pagi hari.

12. Pijat dengan Minyak Zaitun

Selain menggunakan minyak kemiri, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk memanjangkan rambut dengan cepat. Caranya pun hampir sama, teteskan lima tetes minyak zaitun lalu pijat-pijat kulit kepala.

Selain bantu menyuburkan rambut, minyak zaitun juga bisa membantu melembutkan rambut kering dan kusam serta membuatnya tampak lebih berkilau.

13. Manfaatkan Fungsi Teh Hijau

Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami bisa Anda lakukan dengan menggunakan teh hijau. Kandungan antioksidan di dalam teh hijau sangatlah tinggi dan bisa membantu memperlancar sirkulasi aliran darah pada kulit kepala.

Sirkulasi darah yang lancar mampu merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Anda bisa mengusapkan teh hijau hangat yang sudah tidak terpakai ke kulit kepala dan diamkan selama 45 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

14. Setop Begadang dan Kelola Stres

Stres dan kurang istirahat bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Jadi, jika Anda ingin memanjangkan rambut dengan cepat, sebaiknya istirahat dengan cukup dan kelola stres dengan baik.

Saat tidur, tubuh akan meregenerasi sel baru termasuk pertumbuhan rambut. Jika hal tersebut terganggu, tentu pertumbuhan rambut pun akan melambat. Selain itu, kebiasaan begadang juga bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh.

15. Tambah Asupan Protein

Selain melakukan perawatan di luar, Anda juga harus melakukan perawatan di dalam tubuh untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein.

Makanan kaya protein dapat membantu folikel rambut mendapatkan nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan selama pertumbuhan rambut baru. Selain bisa mempercepat pertumbuhan rambut, makanan tinggi protein seperti daging, susu dan kacang-kacangan mampu menjaga rambut agar tetap sehat.

16. Berhati-Hati Saat Berenang

Kolam renang biasanya memiliki air dengan kandungan klorin yang cukup tinggi. Kandungan klorin pada air kolam renang bisa membuat rambut menjadi rusak, sehingga memperlambat proses pertumbuhan rambut.

Jika Anda memiliki hobi berenang, silahkan menggunakan penutup rambut ketika sedang berenang untuk melindungi rambut dari paparan klorin secara langsung. Setelah berenang, segera bilas rambut dengan sampo dan kondisioner.

Itu dia cara memanjangkan rambut dengan cepat yang bisa Anda terapkan dengan mudah menggunakan bahan-bahan yang tidak sulit untuk ditemukan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Rambut Anda Rontok & Menipis? Bisa Jadi Ini Penyebabnya


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading