20 Cara Menghilangkan Bruntusan Wajah Secara Alami dan Aman

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
20 December 2021 18:40
ilustrasi wajah bruntusan (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bruntusan adalah masalah kulit yang ditemui dengan jerawat-jerawat kecil kemerahan. Bruntusan akan menimbulkan sensasi gatal dan perih saat berkeringat. Oleh karena itu, kulit yang bruntusan berpotensi mengalami iritasi.

Sebanyak 85% orang memiliki masalah bruntusan atau bruntusan di muka mereka. Bruntusan sendiri terjadi karena adanya penyumbatan pada kelenjar wajah. Selain itu, jerawat kecil ini juga bisa terjadi akibat kedinginan atau iritasi kulit.

Ukurannya lebih kecil dari jerawat, bahkan hampir tidak tampak. Namun, jika disentuh, bruntusan akan terasa kasar. Keberadaan jerawat pasir ini cukup mengganggu kepercayaan diri. Tak ayal, banyak orang yang mencari-cari cara menghilangkan bruntusan di wajah.


Cara Menghilangkan Bruntusan yang Aman

Umumnya, bruntusan bisa terjadi akibat alergi, cuaca, polusi udara, infeksi, gigitan serangga, terpapar bahan kimia, tidak cocok dengan kandungan di kosmetik atau skincare atau karena sedang melakukan pengobatan tertentu.

Selain menyebabkan gatal, kemerahan dan iritasi, bekas bruntusan juga terkadang tidak mudah hilang. Ada beberapa cara menghilangkan bruntusan yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan bahan alami. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Cegah Peradangan dengan Es Batu

Es batu bisa membuat minuman menjadi lebih segar. Bukan hanya itu, ternyata es batu bisa menjadi salah satu cara alami untuk menghilangkan bruntusan di area wajah dengan cepat. Penggunaan es batu mampu membantu mengatasi jerawat, terutama pada jerawat yang bengkak dan merah.

Hal tersebut karena efek dingin yang didapat dari es batu mampu meredakan peradangan sementara waktu walaupun efeknya cepat hilang. Anda tetap bisa mencoba cara ini untuk menghilang bruntusan di wajah dengan cepat. Bagaimana caranya?

- Bungkus es batu dengan kain tipis atau gunakan kompres dingin.

- Tempelkan pada bruntusan selama satu menit.

- Lakukan cara ini sebanyak 1 - 2 kali sehari setelah membersihkan kulit wajah.

Penggunaan es batu cukup ampuh untuk meredakan peradangan pada kulit wajah dengan cepat. Cara ini umum digunakan untuk mengurangi kemerahan dan meredakan bengkak pada jerawat kecil. Sensasi dingin dari es batu juga mampu mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh bruntusan.

2. Menggunakan Masker Madu dan Kayu Manis

Madu memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Selain digunakan sebagai bahan pemanis alami, ternyata madu merupakan salah satu cara menghilangkan bruntusan yang bisa dicoba.

Madu sering digunakan untuk menuntaskan jerawat dan menghilangkan kulit wajah yang kusam. Salah satu jenis madu yang sering digunakan untuk obat alami jerawat adalah madu manuka. Untuk menghilangkan bruntusan, kamu bisa menggunakannya sebagai masker. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat masker madu:

- Campurkan madu (disarankan madu mentah) dengan kayu manis.

- Hangatkan campuran madu dan kayu manis di dalam microwave atau alat pemanas lainnya.

- Lalu aplikasikan ke kulit wajah sebagai masker.

- Diamkan selama kurang lebih 8 - 10 menit.

- Bilas wajah menggunakan air dan tepuk-tepuk hingga kering.

Pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap madu atau kayu manis agar tidak terjadi reaksi alergi saat menggunakan masker ini.


3. Menangani Bruntusan dengan Lidah Buaya

Cara menghilangkan bruntusan selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang memiliki seribu manfaat alias banyak sekali manfaat yang didapatkan dari tanaman lidah buaya.

Kandungan gel bening yang ada di dalam lidah buaya telah diteliti dan menunjukkan hasil bahwa gel lidah buaya mampu meningkatkan efektivitas obat penghilang jerawat. Bahkan, gel lidah buaya banyak digunakan pada produk sabun, pelembab wajah, lotion dan salep.

Lidah buaya mampu mengobati lecet, ruam, kulit yang terbakar akibat sinar matahari dan melawan peradangan. Kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah biaya pada wajah secara rutin. Kamu juga bisa menjadikan gel lidah buaya sebagai sleeping mask untuk menghilangkan bruntusan.

4. Menggunakan Tea Tree Oil

Cara lain untuk menghilangkan bruntusan bisa menggunakan tea tree oil yang memang sudah sering digunakan untuk mengatasi berbagai jenis jerawat, dari mulai yang ringan hingga yang cukup parah. Penelitian Australasian Journal of Dermatology mengungkapkan bahwa menggunakan sedikit tea tree oil dapat membantu melawan jerawat.

Namun, cara ini hanya berlaku jika penggunanya tidak memiliki reaksi alergi terhadap kandungan tea tree oil. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengoleskan ekstrak tea tree oil ke wajah atau mencampurkannya dengan minyak esensial.

5. Hilangkan dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dipercaya bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami. Kamu bisa menggunakannya langsung dengan mengoleskan minyak zaitun ke area yang bruntusan.

Kamu juga bisa mencampurkan minyak zaitun dengan produk perawatan kulit lainnya. Diamkan sejenak kurang lebih 15 detik dan bilas sampai bersih menggunakan air. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Memakai Cuka Apel

Cuka apel bermanfaat untuk mengendalikan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi bruntusan yang ada di wajah. Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang sangat baik untuk meredakan peradangan pada kulit. Berikut cara menghilangkan bruntusan dengan cuka apel:

- Campurkan 1 sendok teh cuka apel dan 3 sendok makan air.

- Jika memiliki kulit sensitif, disarankan untuk menggunakan lebih banyak air.

- Oleskan campuran tersebut menggunakan kapas pada area wajah yang sudah dibersihkan.

- Diamkan 5 - 20 detik lalu bilas sampai bersih dengan air.

- Lakukan 1 - 2 kali sehari secara rutin.

Penggunaan cuka apel untuk menghilangkan bruntusan hanya bisa dilakukan apabila jenis bruntusan tergolong ringan.


7. Batasi Asupan Susu dan Sejenisnya

Salah satu penyebab munculnya bruntusan di wajah adalah karena mengonsumsi susu. Susu dan produk yang terbuat dari olahan susu mengandung hormon IGF-1 yang bisa mengundang jerawat. Nah, jika kamu mengalami masalah bruntusan atau jerawat, sebaiknya batasi asupan susu dan produk olahan susu lainnya selama perawatan untuk menghilangkan bruntusan.

8. Mengelola Stres

Beberapa penelitian menyatakan bahwa ada hubungan antara tingkat stres dengan munculnya jerawat atau bruntusan. Jika bruntusan pada wajah disebabkan oleh stres, maka cara menghilangkan bruntusan yang paling ampuh adalah dengan mengelola stres sebaik mungkin.

9. Cuci Muka dengan Sabun pH Seimbang

Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan wajah dengan mencuci muka secara rutin. Pilih sabun cuci muka dengan pH seimbang dan kandungan ringan. Jangan mencuci muka terlalu sering karena justru akan menyebabkan iritasi pada kulit. Cukup mencuci muka sebanyak dua kali sehari saja.

Sebelum mencuci muka, pastikan kamu sudah membersihkan wajah dari make up menggunakan pembersih make up seperti micellar water atau cleansing balm.

10. Gunakan Minyak Cengkeh

Untuk menghilangkan bruntusan, kamu juga bisa menggunakan minyak cengkeh. Penggunaan minyak cengkeh mampu mengatasi rasa gatal dan memberikan sensasi tenang pada kulit karena mengandung kandungan eugenol di dalamnya.

Kamu bisa menggunakan minyak cengen yang dicampurkan beberapa tetes air atau minyak esensial lainnya seperti minyak zaitun untuk mendapatkan hasil yang cepat.

11. Atasi dengan Minyak Jojoba

Minyak jojoba memiliki kandungan zat lilin yang bisa bantu memperbaiki kulit rusak, penyembuhan luka hingga jerawat pada wajah. Minyak jojoba mampu mengurangi peradangan, kemerahan dan pembengkakan di kulit.

Minyak jojoba bisa dijadikan masker dan krim untuk dioleskan ke wajah. Kamu bisa meneteskan beberapa tetes minyak jojoba pada kapas lalu menggosoknya di muka secara perlahan.

12. Mengonsumsi Suplemen Minyak Ikan

Suplemen minyak ikan memiliki kandungan asam lemak omega 3, yaitu asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Kandungan asam lemak tersebut mampu mengurangi peradangan dan risiko timbul jerawat atau bruntusan. Selain dengan suplemen, kamu bisa mengonsumsi makanan seperti salmon, sarden, kenari, biji chia dan biji rami tanah.

13. Mengonsumsi Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan tinggi. Kandungan antioksidan ini mampu membantu tubuh untuk memecah bahan kimia dan produk limbah yang dapat merusak sel-sel sehat. Teh hijau berfungsi untuk membersihkan kotoran dan limbah yang menumpuk di bruntusan atau jerawat terbuka.

Selain itu, teh hijau berfungsi untuk mengurangi peradangan dan produksi sebum pada kulit wajah. Kamu bisa mengonsumsi teh hijau murni secara rutin. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai masker wajah.

Obat Bruntusan Lainnya

Selain bisa diatasi dengan cara alami, bruntusan mungkin lebih ampuh dihilangkan dengan beberapa kandungan kimia yang terdapat pada produk perawatan wajah dan juga perawatan dokter. Tentunya, kandungan obat bruntusan ini dijual secara bebas dan telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

Catatan: Pastikan kamu membeli produk perawatan kulit wajah (skincare) dengan kandungan di bawah ini yang sudah ber-BPOM.

1. Asam Salisilat

Kandungan asam salisilat bekerja untuk memecah komedo dan membuat sel-sel kulit mati lebih mudah untuk mengelupas. Penggunaan asam salisilat juga mampu meningkatkan kelembaban di kulit wajah.

Kandungan asam salisilat ini sudah banyak digunakan pada produk perawatan wajah seperti toner, serum dan krim yang digunakan untuk menghilangkan bruntusan dan jerawat ringan.

2. Retinoid

Retinoid sangat ampuh membuat kulit menjadi lebih mulus dan bersih. Retinoid adalah turunan vitamin A yang mampu membantu mengurangi peradangan sekaligus menghilangkan bekas jerawat dan bruntusan.

Sudah banyak serum wajah dari berbagai merk produk skincare yang mengandung bahan retinol. Jika masih pemula, silahkan gunakan retinol dari persentase terkecil. Penggunaan retinoid ini bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Sehingga penggunaanya hanya boleh digunakan pada malam hari dan setelahnya, di pagi hari kamu wajib menggunakan tabir surya atau sunscreen minimal SPF 30.

3. Chemical Peeling

Sebenarnya ada beberapa produk perawatan wajah yang memiliki kandungan eksfoliasi seperti AHA BHA yang aman digunakan sehari-hari. Namun, chemical peeling juga bisa kamu lakukan melalui perawatan di dokter.

Karena fokusnya untuk mengangkat sel-sel kulit mati, tentu perawatan ini bisa menyebabkan kemerahan pada kulit. Namun efek samping ini hanya terjadi beberapa saat saja. Jangan lupa untuk tetap menggunakan sunscreen wajah.

Kamu tetap wajib menggunakan tabir surya atau sunscreen walaupun tidak melakukan chemical peeling sekalipun.

4. Resorsinol dan Sulfur

Resorsinol dan sulfur adalah obat bruntusan yang mampu memecah komedo. Obat yang dijual tanpa resep dokter memiliki dosis yang aman dan cenderung rendah. Jadi, jika bruntusan kamu cukup parah, lebih baik mengunjungi dokter untuk memeriksa dan mendapatkan obat dengan dosis yang dibutuhkan wajah.

5. Benzoil Peroksida

Benzoil peroksida adalah obat bruntusan yang bisa membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat. Kandungan ini sering ditemukan dalam bentuk sabun cuci muka dan salep jerawat yang bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan di muka.

6. Terapi Laser

Metode terapi laser hanya boleh dipakai dengan pengawasan dokter. Jangan pernah melakukan terapi laser dengan orang lain yang tidak memiliki keahlian tersebut selain dokter. Terapi ini menggunakan laser untuk membantu menghilangkan bruntusan di wajah. Dokter juga akan melakukan perawatan untuk membooster agar sel baru tumbuh di lapisan dalam kulit.

7. Treatment Mengeluarkan Bruntusan

Jika bruntusan cukup parah, kamu bisa mengunjungi dokter dermatologis di klinik untuk mendapatkan treatment semacam mengeluarkan bruntusan untuk menghilangkannya dengan cepat. Tindakan ini hanya boleh dilakukan oleh dermatologis ya, karena alat-alat yang digunakan harus dalam keadaan yang steril.

Itu dia cara menghilangkan bruntusan secara alami, dengan obat tertentu dan perawatan dokter. Jika ada iritasi yang tidak biasa, silahkan segera mengunjungi dokter kulit agar diberikan treatment yang tepat untuk menghilangkan bruntusan di wajah.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hati-Hati Pilih Produk Skincare, Ini Tips Amannya


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading