Waspada! Ini Gejala Umum Penyakit Jantung

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 September 2021 15:30
ilustrasi jantung. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Penyakit jantung dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Penyakit ini merupakan kondisi ketika jantung mengalami gangguan dan tidak berfungsi dengan baik.

Gangguan pada jantung bisa bermacam-macam. Ini harus ditangani dengan cara yang berbeda pula.


Menurut Dr. BRM. Ario Soeryo Kuncoro, SpJP(K) dari Heartology Cardiovascular Center Jakarta terdapat berbagai jenis penyakit jantung. Seperti penyakit jantung koroner, aritmia, sampai penyakit jantung bawaan.

Meski begitu ada beberapa ciri-ciri atau gejala penyakit jantung yang khas dan umum. Tetapi, sebagian tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit jantung yang jelas.

"Jadi gejala umum penyakit jantung itu ada yang mengalami sesak napas, mual dan muntah, berkeringat, pusing, nyeri pada salah satu lengan atau kedua lengan, nyeri dada dan leher," ujar dr Ario kepada CNBC Indonesia, Rabu (8/9/2021).

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa adapula gejala lainnya seperti nyeri pada rahang, nyeri pada bahu, nyeri pada daerah punggung bagian atas. Serta rasa tidak nyaman di perut.

Gejala di atas bisa timbul dalam beberapa menit. Biasanya, tanda penyakit ini muncul saat Anda beristirahat atau melakukan aktivitas fisik yang berat.

Bila rasa tidak nyaman tersebut timbul sekali, maka Anda tak perlu khawatir. Namun, jika gejalanya berulang dan tidak segera membaik setelah beberapa menit, sebaiknya segera pergi ke dokter.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading