Tip Kesehatan

Penting! 7 Kebiasaan Ini Hasilkan Payudara yang Sehat

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 September 2021 14:42
Bella Hadid (REUTERS/Jean-Paul )

Jakarta, CNBC Indonesia - Para wanita tentunya ingin memiliki payudara yang sehat dan kencang. Untuk mendapatkannya, ada beberapa cara merawat payudara yang mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya mahal.

Selain menjaga bentuk payudara, cara-cara tersebut juga baik untuk memelihara kesehatan payudara Anda. Payudara yang sehat dan kencang tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri wanita.

Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan payudara sehat alami, dikutip dari sejumlah literatur kesehatan dan Times of India.


1. Lakukan pemijatan

Ada beberapa kelenjar getah bening yang ada di sekitar payudara Anda yang membawa cairan dan disebut getah bening. Cairan ini membantu mengurangi risiko berkembangnya beberapa jenis penyakit.

Memijat tidak hanya bantu merangsang getah bening ke arah yang berbeda, tapi juga membantu Anda rileks dan menghilangkan stres.

Setelah mengoleskan pelembap, pijat payudara Anda selama beberapa menit ke arah jantung.

2. Pakai pelembap

Mengoleskan pelembap ke payudara menjadi salah satu langkah penting untuk menjaga payudara tetap sehat.

Kulit di sekitar payudara dan puting cenderung tipis dan sensitif. Oleh karenanya, perlu sedikit perawatan ekstra, serta menambah lapisan pelembap adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kekeringan dan nyeri payudara.

Namun, jika Anda menemukan kemerahan atau ruam setelah mengoleskan krim pelembap, jangan gunakan lagi dan coba yang lain dengan kandungan yang aman untuk kulit.

3. Vitamin

Studi menunjukkan bahwa asupan vitamin D yang rendah dapat menjadi penyebab kanker payudara pada wanita. Penelitian juga menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang tinggi meningkatkan kemungkinan bertahan hidup setelah didiagnosis menderita kanker payudara. Dengan demikian, bagaimanapun, asupan vitamin D sangat penting untuk kesehatan payudara dan Anda harus berusaha mendapatkannya setiap hari.

4. Konsumsi anggur

Makan sehat adalah satu hal, tetapi beberapa makanan memiliki sifat khusus untuk mengurangi risiko kanker payudara seperti anggur berwarna gelap.

Kulit buah anggur memiliki sifat antikanker yang dapat melindungi kulit payudara Anda dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker.

Jadi, konsumsilah beberapa buah anggur secara teratur untuk menjaga kesehatan payudara Anda. Selain itu, tambahkan beberapa asam folat ke dalam diet Anda.

Tidak makan cukup folat, bentuk alami asam folat, dikaitkan dengan gangguan kemampuan untuk memperbaiki DNA. Dan DNA yang rusak, pada gilirannya, telah dikaitkan dengan kanker.

Folat ditemukan dalam makanan seperti bayam dan kacang polong, serta sereal dan biji-bijian yang diperkaya folat. Cobalah untuk mendapatkan 400 mikrogram setiap hari.

5. Meditasi

Bukan hanya menenangkan, meditasi berpotensi menyelamatkan nyawa. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis mungkin terkait dengan peningkatan risiko kanker, mungkin karena orang yang sedang stres cenderung beralih ke alkohol atau makan berlebihan dalam upaya mengatasi tekanan.

6. Pakai bra yang nyaman dan tepat

Meski tampak sepele, tapi kebanyakan wanita dilaporkan masih memakai bra dengan ukuran yang salah.

Ketika payudara Anda tidak mendapatkan dukungan yang cukup, jaringan mulai meregang dan turun lebih cepat.

Jadi, ukur ukuran payudara Anda setiap tahun dan gunakan bra dengan ukuran yang tepat untuk payudara Anda. Untuk bra olahraga, sebaiknya ganti setiapĀ 6 bulan.

7. Olahraga

Sel-sel lemak menghasilkan estrogen, dan kadar hormon yang tinggi telah dikaitkan dengan kanker tertentu. Berolahraga dapat mengecilkan ukuran sel-sel lemak, sehingga tubuh Anda memompa lebih sedikit estrogen.

The American Cancer Society merekomendasikan untuk melakukan setidaknya 150 menit olahraga dengan intensitas sedang per minggu (idealnya, tidak sekaligus). Jika waktu Anda terbatas, berolahraga dengan intensitas tinggi selama 75 menit seminggu akan memiliki manfaat yang sama.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading