Bulutangkis Bikin Bangga Indonesia, Kapan Giliran Sepakbola?

Lifestyle - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
03 August 2021 12:09
Gold medalists Greysia Polii, left, and Apriyani Rahayu from Indonesia celebrate during the medals ceremony of the women's doubles gold medal match at the 2020 Summer Olympics, Monday, Aug. 2, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Markus Schreiber)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kemarin, dua kabar gembira datang dari Tokyo. Kontingen Indonesia berhasil meraih medali di Olimpiade yang dihelat di ibu kota Negeri Matahari Terbit.

Medali pertama adalah emas, yang paling bergengsi. Sang logam mulia datang dari cabang olahraga bulutangkis di nomor ganda putri.

Pasangan ganda putri Apriyani Rahayu-Greysia Polli menggondol medali emas setelah mengandaskan perlawanan tim China yang diwakili Chen Qing Chen-Jia Yi Fan. Ini adalah medali emas olimpiade pertama buat Indonesia di nomor ganda putri bulutangkis.


Berselang beberapa jam kemudian, giliran Anthony Sinisuka Ginting yang mempersembahkan medali perunggu. Masih dari cabang bulutangkis, kali ini di nomor tunggal putra. Ginting menyudahi perlawanan pebulu tangkis penuh kejutan asal Guatemala, Kevin Cordon.

Sumbangsih di Tokyo memperpanjang tradisi medali Indonesia dari bulutangkis. Sejak cabang ini mulai dipertandingkan di Barcelona 1992, hanya sekali Indonesia gagal memperoleh medali yaitu London 2012. Di Negeri Big Ben, seluruh medali Indonesia datang dari cabang olahraga angkat besi.

Tepok bulu adalah salah satu olahraga paling populer di Indonesia. Sejak era Rudi Hartono, Liem Swie King, Susi Susanti, Harianto Arbi, Taufik Hidayat, bulutangkis adalah permainan yang digemari oleh rakyat Tanah Air. Bermain atau hanya menonton pertandingan bulutangkis memang menyenangkan dan menegangkan.

Tidak hanya menjadi permainan wong cilik, bulu tangkis juga membuat Indonesia bangga karena mendatangkan banyak prestasi. Baik perseorangan maupun beregu, gelar demi gelar diraih atlet bulutangkis nasional.

Halaman Selanjutnya --> Sepakbola Indonesia 'Tenggelam'

Sepakbola Indonesia 'Tenggelam'
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading