Tekuk Persib! Persija Juara Piala Menpora 2021, Raih Rp 2 M

Lifestyle - tahir saleh, CNBC Indonesia
25 April 2021 23:12
Instagram @persija

Jakarta, CNBC Indonesia - Klub kebanggaan Ibu Kota Jakarta, Persija Jakarta berhasil menjadi juara Piala Menpora 2021 usai menang 2-1 (agregat 4-1) atas Persib Bandung pada leg kedua final di Stadion Manahan Solo, Minggu (25/4) malam WIB.

Hasil ini mengantarkan anak asuhan pelatih Sudirman alias 'Pep Guardiman' ini berhasil mengangkat trofi Piala Menpora 2021 dengan skor meyakinkan setelah tim Macan Kemayoran menang 2-0 atas Persib di leg pertama pada Kamis (22/4) lalu lewat gol pemain muda Braif Fatari dan Taufik Hidayat.

Persija meriah hadiah total mencapai Rp 2 miliar, sementara sebagai runner-up, Persib menerima hadiah Rp 1 miliar.


Posisi keempat turnamen ini ditempati PSS Sleman dengan hadiah Rp 750 juta, dan peringkat empat PSM Makassar dengan hadiah Rp 500 juta.

Adapun pemain terbaik turnamen ini jatuh pada gelandang tengah Persija, Marc Klok dengan menerima hadiah Rp 100 juta dan top skor yakni striker Persiraja Assanu Rijal dengan melesakkan empat gol selama turnamen.

Dari pertandingan siaran langsung termasuk via streaming Youtube, pertandingan berjalan dalam tempo lambat sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya babak pertama. Persib dan Persija bermain hati-hati agar tidak kebobolan gol cepat.

Persib yang kehilangan pemain kunci seperti gelandang Febri Hariyadi dan bek Nick Kuipers akibat akumulasi kartu kuning turut mempengaruhi daya gedor Persib dari sisi sayap.

Di sisi lain, beberapa kali striker Persija Taufik Hidayat yang kembali menjadi starter mendapatkan peluang emas termasuk dari umpan Riko Simanjuntak, tapi tak mampu menyelesaikan dengan baik.

Skor 0-0 terjadi di babak pertama. Di babak kedua, terjadi pergantian pemain, dengan masuknya Ferdinand Sinaga di kubu Persib mengingat di babak pertama Persib bermain dengan 10 pemain setelah Bayu Fiqri menerima kartu kuning kedua setelah melanggar Marco Motta dengan keras dalam duel perebutan bola.

Persija akhirnya berhasil membuka keunggulan 1-0 pada menit ke-51. Umpan sambil menjatuhkan diri yang dilakukan Riko Simanjuntak mampu dimaksimalkan Osvaldo Haay dengan tendangan keras tanpa mampu dibendung gawang Persib yang dikawal Made Wirawan.

Persib membalas lewat tendangan bebas Ferdinand dari sisi kiri pertahanan Persija berhasil masuk melewati pagar betis pemain Persija dan tanpa mampu dibendung Andritany.

Di masa injury time babak kedua yang ditambah 4 menit oleh sang wasit, Persija kembali unggul atas Persib. Serangan balik cepat dilakukan oleh Persija melalui Osvaldo dengan cepat berlari dari sisi kanan pertahanan Persib.

Osvaldo lantas mengirimkan umpan kepada Riko yang dalam posisi tidak terkawal di kotak penalti. Riko dengan tenang menceploskan bola ke gawang Made Wirawan untuk membuat skor jadi 2-1 yang bertahan hingga babak kedua berakhir.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading