9 Makanan Efektif Turunkan Berat Badan

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
11 June 2021 10:37
catering diet menu clean cookery Foto: Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Menurunkan berat badan memang susah-susah gampang. Tidak hanya rutin berolahraga, memangkas berat badan juga perlu diimbangi dengan pola makan sehat.

Salah satu kunci dari pola makan sehat adalah memilih makanan yang dapat mendukung program penurunan berat badan Anda. Berikut adalah beberapa makanan efektif turunkan berat badan dari berbagai sumber.

1.Sayuran Hijau


Memperbanyak konsumsi sayuran adalah cara menurunkan berat badan yang paling aman dan salah satunya adalah sayuran hijau.

Sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, dan brokoli, mengandung kalori dan karbohidrat yang rendah. Namun, kandungan serat pada sayuran ini sangat tinggi sehingga membuat Anda kenyang lebih lama.

2.Yoghurt

Kandungan probiotik yang tinggi dalam yoghurt memang dikenal dapat meningkatkan kerja usus. Usus yang sehat membantu melindungi tubuh dari peradangan dan resistensi leptin, yaitu kondisi yang memicu hormon utama penyebab obesitas.

Maka dari itu, yoghurt sering dimasukkan ke dalam menu diet menurunkan berat badan. Selain probiotik, yoghurt juga memiliki protein yang tinggi, terutama padagreek yoghurtdan kandungan asam di dalamnya membuat Anda kenyang lebih lama.

Ilustrasi bauh apel. (Dok: PublicDomainPictures/Pixabay)Foto: Ilustrasi bauh apel. (Dok: PublicDomainPictures/Pixabay)
Ilustrasi bauh apel. (Dok: PublicDomainPictures/Pixabay)

3.Buah

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah-buahan memberi segudang manfaat bagi kesehatan, termasuk membantu menurunkan berat badan. Beberapa buah penurun berat badan yang bisa Anda coba adalah apel dan pir.

Makan buah apel atau pir di antara waktu makan atau tepat sebelum makan ternyata bisa menekan rasa lapar. Hal ini dikarenakan apel mengandung pektin, yaitu serat larut air yang membuat tubuh kenyang lebih lama.

Sementara itu, buah pir mempunyai serat yang cukup untuk melancarkan pencernaan dan mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda telah makan sesuatu.

4. Alpukat

Berbeda dengan buah-buahan lainnya, alpukat mengandung lemak sehat dengan karbohidrat yang rendah. Pasalnya, buah berwarna hijau ini mengandung asam oleat tak jenuh tunggal, yaitu jenis lemak yang dapat dijumpai pada minyak zaitun.

Di samping itu, kandungan air dan serat dalam alpukat juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian dalam Journal Nutrition.

Penelitian tersebut melaporkan, penambahan setengah buah alpukat saat makan siang dapat meningkatkan rasa kenyang sebanyak 26%. Buah ini juga mengurangi keinginan makan sebesar 40% selama tiga jam.

5.Telur

Telur merupakan salah satu makanan untuk menurunkan berat badan. Ini terbukti mengandung tinggi protein, lemak sehat, dan bisa membuat Anda kenyang lebih lama dengan jumlah kalori yang rendah.

Menariknya, telur termasuk makanan padat nutrisi dan dapat membantu Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan butuhkan saat melakukan diet rendah kalori.

Halaman 2>>



Daging sampai Oats
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading