8 Macam Jus Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
09 June 2021 16:30
Ilustrasi jus wortel. (Dok: Istimewa)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jus bisa menjadi cara cepat dan aman untuk melakukan diet. Dengan menambahkan jus bernutrisi ke dalam pola makan maka penurunan berat badan bisa lebih maksimal.

Kendati demikian, ada baiknya untuk tak menambahkan terlalu banyak gula ke dalamnya. Beberapa jenis jus tinggi gula dan rendah serat, yang dapat meningkatkan asupan kalori dan bahkan menyebabkan penambahan berat badan dari waktu ke waktu.


Hal ini terutama berlaku untuk banyak jus yang dibeli di toko atau jus kemasan, yang sering kali diberi banyak gula, perasa buatan, dan pengawet. Sebagai alternatif, ada banyak jus buah dan sayuran yang bisa dibuat di rumah hanya dengan beberapa bahan sederhana dan memakai juicer atau blender.

Berikut adalah delapan jus terbaik untuk menurunkan berat badan melansir Healthline.

1. Jus seledri

Jus seledri baru-baru ini menjadi bahan populer di kalangan konsumen yang sadar kesehatan. Jus seledri sangat rendah kalori dan mengandung 95%  air.

Studi menunjukkan bahwa memilih makanan dan minuman dengan kepadatan kalori yang lebih rendah dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak.

Jus ini juga menjadi sumber antioksidan yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan melawan peradangan.

2. Jus bit

Para atlet sering kali mengonsumsi jus bit ketika mereka ingin meningkatkan kinerja mereka.Itu karena jus ini mengandung senyawa bermanfaat seperti diet nitrat.

Nitrat diet dapat membantu meningkatkan efisiensi dan daya tahan otot, serta mengurangi tingkat tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah Anda.

Sementara itu, bit utuh rendah kalori dan sarat dengan serat, yang dapat membantu mendukung keteraturan, memperlambat pengosongan perut, dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama untuk meningkatkan manajemen berat badan.

Karena sebagian besar kandungan seratnya dihilangkan selama proses pembuatan jus, jus bit umumnya tidak mengandung nutrisi ini dalam jumlah tinggi. Konon, ini adalah pilihan jus yang lebih rendah kalori dan bergizi saat Anda ingin menurunkan berat badan.

3. Jus buah delima

Selain enak dan menyegarkan, jus delima adalah minuman sehat rendah kalori yang dapat mendukung penurunan berat badan.

Menurut satu penelitian pada hewan, jus delima memblokir kenaikan berat badan pada tikus yang diberi diet tinggi lemak. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah delima dapat membantu mencegah lonjakan gula darah yang dapat menyebabkan peningkatan rasa lapar.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah delima dapat membantu mencegah lonjakan dan penurunan gula darah yang dapat menyebabkan peningkatan rasa lapar.

Faktanya, satu penelitian pada 16 orang menemukan bahwa antioksidan dalam jus delima menstabilkan kadar gula darah setelah mereka makan roti, yang mungkin menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

4. Jus sayuran hijau

Anda bisa menggunakan campuran sayuran seperti bayam atau kale sampai pok coy. Bahan-bahan ini tinggi serat, rendah gula, dan penuh dengan antioksidan anti-inflamasi. Plus, jus hijau mudah disesuaikan dengan selera

Anda dengan menukar bahan favorit Anda. Untuk jus hijau sederhana yang bisa Anda buat di rumah, coba campurkan bayam, mentimun, apel hijau, dan seledri - lalu nikmati.

5. Jus semangka

Jus semangka manis, menyegarkan, dan bergizi tinggi. Selain rendah kalori, semangka adalah sumber nutrisi mikro yang menyehatkan jantung seperti potasium dan antioksidan pendukung kekebalan vitamin A dan C.

Ini juga menawarkan kandungan air yang tinggi, yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan merasa lebih kenyang.

Halaman 2>>

Jus Jahe hingga Jus Kale Apel
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading