Kronologi Disetopnya Siaran TV Lisa BLACKPINK oleh China

Lifestyle - Lynda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
07 May 2021 16:13
Lisa of BLACKPINK performs at the Coachella Music & Arts Festival at the Empire Polo Club on Friday, April 12, 2019, in Indio, Calif. (Photo by Amy Harris/Invision/AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ajang pencarian bakat Youth With You 3 yang tayang di layanan streaming iQIYI dihentikan oleh Pemerintah China. Ada beberapa kontroversi dari serial survival populer di China tersebut.

Acara ini sangat digemari di China, apalagi salah satu jurinya adalah Lisa 'BLACKPINK'.

Lisa kembali hadir sebagai mentor dan menyisakan grup pria beranggotakan 9 orang.

Awalnya, acara ini dijadwalkan pada awal Februari dan berakhir pada tanggal 8 Mei mendatang. Namun kini acara Youth With You 3 telah ditangguhkan sejak 5 Mei 2021.

Lisa Blackpink. (Istagram/@voguejapan)Foto: Lisa Blackpink. (Istagram/@voguejapan)



Acara ini mirip seperti kompetisi lainnya, para penggemar harus rajin memilih kontestan favorit mereka agar memenangkan juara pertama. Namun yang menjadi masalah ada salah satu kontestan yang mengundurkan diri bernama Tony Yu.

Keputusan hal ini diduga karena banyak warganet yang marah atas terjadi isu kewarganegaraan ganda Tony yang menjadi sorotan hingga dilaporkan ke pihak Administrasi Radio dan TV Tiongkok.

Seperti yang diketahui, Tiongkok melarang keras bahwa warga negaranya memiliki dua kewarganegaraan bersamaan. Dilaporkan Tony memiliki dua kewarganegaraan, baik sebagai Warga Tiongkok dan Kanada.

Idola ganteng itu dibawa sang ibu untuk tinggal di Kanada untuk waktu yang cukup lama saat ia kecil.

Kasus Yu bukanlah satu-satunya yang dihadapi Youth With You 3. Bulan ini, diketahui bahwa pemirsa Youth With You 3 telah membuang-buang produk minuman susu untuk mendapatkan kode suara.

Hal tersebut mendapat peringatan keras dari Pemerintah Tiongkok terkait masalah aturan.

Biro Radio dan Televisi Kota Beijing sangat mementingkan hal itu dan telah melakukan audit dengan orang terkait yang bertanggung jawab atas program iQiyi tersebut.

iQiyi selaku penyelenggara diharuskan untuk secara ketat menerapkan peraturan manajemen yang relevan dari Departemen Administrasi Radio dan Televisi.

Sesuai dengan peraturan tentang pengelolaan program audiovisual online, Biro Radio dan Televisi Kota Beijing sekarang memerintahkan iQiyi untuk menangguhkan jadwal mengudara untuk Youth with You 3.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading