Kontroversial, China Setop Acara TV Lisa BLACKPINK

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 May 2021 12:27
Lisa Blackpink. (Istagram/@voguejapan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ajang pencarian bakat China yang mendapuk Lisa BLACKPINK sebagai mentor, Youth With You 3, dihentikan oleh pemerintah China. Program televisi yang kini memasuki musim ke-3 itu disetop hanya beberapa hari sebelum episode terakhir dimulai, 8 Mei 2021.

Banyaknya kontroversi menjadi penyebab. Youth With You 3 ditangguhkan sejak 5 Mei 2021.


Ini bermula ketika salah satu peserta bernama Tony Yu keluar dari kompetisi. Padahal, ia selalu mencetak peringkat nomor satu di acara idol versi China tersebut.

Ia memiliki banyak penggemar yang kuat dan membuatnya memiliki banyak donasi pemberian vote final guna meraih posisi utama. Namun tudingan orang tua Tony terlibat pelanggaran hukum membuat heboh di masyarakat.

Dilaporkan dalam sebuah postingan di Weibo, seorang netizen mengklaim telah menemukan bahwa orang tua Tony Yu memiliki studio karaoke di China yang menyediakan layanan illegal. Termasuk prostitusi dan distribusi narkoba kepada klien kaya.

Orang tua Yu telah membantah tuduhan tersebut dan bersikeras bahwa mereka telah menjual bisnis tersebut beberapa tahun sebelum pindah dari China ke Vancouver, Kanada, pada tahun 2008. Namun, banyak warganet tetap yakin bahwa mereka tetap salah.

Selain itu, profil Tony Yu yang pernah berkompetisi di acara Mnet's Korea "Produce X 101" juga muncul kembali di Weibo. Saat itu, Yu mencantumkan kewarganegaraannya sebagai orang Kanada.

Ini dianggap netizen Tiongkok sebagai penghinaan terhadap darah China-nya. Karena Tony memiliki dua kewarganegaraan, baik sebagai warga China dan Kanada.

Kontroversi ini pun akhirnya membuat agensi Tony Yu 'Astro Music' angkat bicara. Mereka mengeluarkan pernyataan yang menyatakan bahwa artisnya resmi mundur dari program Youth with You 3.

Kontroversi Yu bukanlah satu-satunya yang dihadapi pertunjukan tersebut.Bulan ini,diketahui bahwa pemirsa Youth With You 3 telah membuang-buang produk minuman susu untuk mendapatkan kode suara.

Youth With You 3 telah menandatangani kontrak dengan minuman Mengniu Dairy. Di mana konsumen harus membeli produk untuk mendapatkan kode QR guna voting gratis yang tertera pada tutup botolnya.

Dari promosi tersebut, banyak anak muda yang memborong minuman Mengniu Dairy hanya untuk bisa voting gratis.Bahkan mereka juga menjual kembali tutup botol tersebut ke marketplace.

Mengetahui hal itu, media Tiongkok mengangkat isu tersebut dan mengutuk para showrunners karena gagal mempertimbangkan resiko yang akan terjadi. Menanggapi hal itu,iQIYI pun mengeluarkan permintaan maafnya karena gagal memenuhi tanggung jawab sosial mereka.

Namun, tindakan tersebut tidak mendapatkan respon baik. Alih-alih permintaan maaf diterima, pada 5 Mei kemarin lembaga pengatur media China turun tangan.

Biro Radio dan Televisi China telah menghentikan produksi Youth With You 3 meskipun final sudah dekat. Menurut laporan, biro pemerintah telah bertemu dengan iQIYI untuk membahas kepatuhan regulasi penyiaran sebelum mengambil keputusan.

Tidak hanya di China, serial idol survival populer di China tersebut mulai menarik perhatian luas. Pada musim keduanya tahun lalu, penggemar K-Pop ramai menonton streaming acara ini karena kehadiran Lisa BLACKPINK.

Di musim ketiga ini, Lisa juga hadir untuk memangkas 119 peserta menjadi grup pria beranggotakan sembilan orang. Sampai sekarang, tidak jelas apakah Youth With You 3 akan melanjutkan syuting dalam beberapa hari mendatang atau apakah masa depan acara akan terpengaruh secara permanen oleh kontroversi ini.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading