Bunda Kece, Nih 5 Tanaman Hias Cantik untuk Dekorasi Lebaran

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
30 April 2021 15:08
Kaktus Natal (Piqsels.com) Foto: Kaktus Natal (Piqsels.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tanaman hias bisa dipakai untuk menambahkan semarak Hari Raya Lebaran. Beberapa koleksi tanaman cantik dan menyegarkan, bisa menambah elok pemandangan rumah Anda.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya:


1. Amarilis

Amarilis (Amaryllisspp) adalah tanaman hias yang populer karena kecantikan mahkota bunganya yang besar dan sangat menarik perhatian. Tanaman ini hadir dalam berbagai varian warna, seperti putih, merah, koral, merah anggur, dan merah muda.

Amarilis biasa dijumpai di pekarangan ataupun ditanam dalam pot. Tangkainya yang panjang juga sangat cocok dijadikan sebagai bunga potong.

Jika Anda menanamnya dalam pot polos, Anda bisa pindahkan tanaman ke dalam wadah dekoratif atau jadikan bunga potong bertangkai panjang, lalu masukkan ke dalam pot berisi air. Sehingga tanaman akan tampil megah mendekorasi ruang acara.

2. Kastuba

Poinsettia atau Euphorbia Pulcherrima alias kastuba merah adalah tanaman pot berwarna-warni dengan beraneka varietas warna daun. Namun, yang paling popular adalah kastuba yang berwarna merah menyala.

Tanaman ini tumbuh baik bila diletakkan pada lokasi dengan sinar matahari tidak langsung yang cerah, suhu semi-sejuk, dan kelembapan sedang.

3. Kalanchoe

Kalanchoe adalah tanaman sukulen berdaun tebal yang berasal dari bahasa China yaitu "Kalanchauhuy" yang artinya 'Buddhist temple herb'. Kalanchoe terkenal karena mudah tumbuh dan tidak memerlukan banyak penyiraman.

Selain itu, tanaman ini menyukai cahaya terang, tetapi bukan sinar matahari langsung. Jadi, Anda bisa menempatkan tanaman hias ini di ruang tamu.

Tidak hanya bunganya, kalanchoe juga memiliki daun yang tidak kalah menarik. Belum ada tanaman hias kalanchoe yang tidak berbunga jika dilakukan dengan perawatan yang tepat. Semuanya menghasilkan biji sehingga dikenal pula sebagai 'Mother of Thousands'.

4. Cyclamen

Tanaman ini mungkin tidak begitu sering dijadikan tanaman musim liburan, seperti kastuba atau amarilis. Tetapi masih bisa mencerahkan dekorasi pesta.

Tanaman ini memiliki daun dan bunga yang menggemaskan, yang hadir dalam berbagai warna. Seperti ungu, merah tua, putih, merah muda, dan warna lainnya.

5. Kaktus Natal

Disebut Christmas Cactus (kaktus natal), karena secara natural tanaman ini biasanya berbunga di bulan Desember menjelang Natal. Nama lain dari kaktus ini adalah thanksgiving cactus, holiday cactusataucrab cactus (kaktus kepiting karena daunnya mirip capit kepiting).

Meski demikian, sekarang tanaman hias ini lazim dibudidayakan dan bisa berbunga di luar kebiasaan naturalnya, asalkan ditempatkan di dalam ruangandengan suhu ruangan yang sejuk namun terang, dan mendapatkan suhu malam di kisaran 12 - 18 derajat celcius.

Tanaman eksotis ini hadir dalam berbagai varian warna, di antaranya magenta, merah, pink, koral, putih dan warna lain.

Lengkapnya klik di sini>>


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading