Booming Sampai Mancangera, Nih Tanaman Porang yang Lagi Viral

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
22 April 2021 11:22
Lahan porang di Ponorogo. (Foto: Charolin Pebrianti/detikcom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak hanya tanaman hias, tanaman porang kini viral. Tanaman bernama latin Amorphophallus Oncophyllus Muelleri Blume banyak dicari petani karena memiliki nilai ekonomis.

Tanaman porang merupakan umbi-umbian yang termasuk dalam famili Areaceae dan umumnya tumbuh di hutan. Tanaman ini sering dianggap sebagai tanaman liar oleh masyarakat.


Tanaman porang ini tumbuh di bawah tegakan tanaman seperti jati, mahoni, sono keling dan sengon dengan intensitas sinar matahari 40 persen. Lantas apa manfaat dan kegunaan tanaman ini sehingga ia menjadi booming bahkan hingga manca negara?

Tanaman ini dijual dalam bentuk umbi, irisan kering, tepung porang, dan glukomannan. Glukomannan sendiri sangat penting dalam industri makanan karena serat alaminya dapat dijadikan pengganti agar-agar, mempercepat rasa kenyang, memperlambat pengosongan perut.

Ini merupakan bahan yang cocok untuk orang diet. Termasuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Tidak hanya itu, bahan ini juga bisa dijadikan campuran pembuatan kertas agar kuat dan lemas. Glukomannan juga dapat menjadi bahan pembuat lem, bahan pembuat kapsul, pengikat formulasi tablet, pengganti gel, hingga silikon sebagai isolator listrik.

Porang pun bisa dipakai untuk industri kosmetik. Meski baunya tergolong tak sedap, nilai kegunaannya sangat tinggi.

Berdasarkan data Badan Karantina Pertanian menyebut di semester I 2021, ekspor porang mencapai 14,8 ribu ton. Ini meningkat dari 2019 yang 5,7 ribu ton. Ada lonjakan hingga 160%. Tanaman ini diburu China, Vietnam, hingga Jepang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tanaman Tengkorak Kalimantan Makin Populer, Harga Gokil!


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading