Termasuk Janda Bolong, Ini 10 Tanaman Hias yang Bawa Hoki

Lifestyle - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
18 April 2021 08:15
Ilustrasi tanaman hias janda bolong Hijau (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC IndonesiaTanaman hias masih menjadi pilihan hobi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Bagi sejumlah orang, feng shui memiliki kaitan dengan tanaman hias.

Ini karena feng shui berhubungan dengan hidup dan selaras bersama alam yang salah satunya bisa mendapatkan hoki dari beberapa jenis tanaman.

Oleh karena itu, tata letak tanaman di dalam ruangan tak terlepas dari perhitungan feng shui. Berikut beberapa jenis tanaman yang bisa mendatangkan hoki.

1. Sirih Gading (Epipremnum aureum)
Epipremnum aureum (pothos) adalah tanaman yang populer dan kuat untuk outdoor maupun indoor, serta minim perawatan. Tanaman yang satu sangat cocok untuk pemula maupun Bunda yang mempunyai kesibukan padat.

Tanaman ini dapat dijadikan desk plant dalam ruang ataupun tanaman hias gantung merambat yang cantik. Mereka juga sangat efisien dalam membersihkan udara serta menambah estetika dalam suatu ruang.

2. ZZ Plant (Zamioculcas)
Zamioculcas zamiifolia termasuk dalam famili tumbuhan aroid, bersama dengan Aglaonema, Spathiphyllum, Philodendron, dan famili tumbuhan Anthurium.

Tanaman yang berasal dari Afrika Timur ini memiliki daun yang tebal, berdaging, dan mengkilap. Mereka banyak ditemukan di mal dan di ruang publik, sehingga sekilas tampak seperti tanaman palsu karena terlihat sangat mengkilap.

3. Ara Biola atau Fiddle leaf fig (Ficus lyrata)
Di Indonesia, fiddle leaf fig/ficus lyrata, dikenal dengan pohon ara biola. Tanaman ini berasal dari Afrika, dan termasuk tanaman elegan dengan daun kaku yang lebar berbentuk biola. Namun, dia tidak mudah rontok, meskipun daunnya sudah tua dan menguning.

Tanaman hias yang satu ini pas sekali bila diletakkan di salah satu sudut ruangan dalam rumah Bunda. Dengan tampilan daun yang berwarna hijau segar dan mengkilap, mereka juga dikenal sebagai tanaman yang relatif tangguh.

4. Snake Plant (Sansevieria trifasciata)
Di Indonesia tanaman hias Sansevieria popular dengan nama 'Lidah Mertua'. Tanaman ini memiliki daun seperti pedang yang menurut feng shui, menawarkan energi pelindung jika dimasukkan ke dalam rumah.

Tanaman hias ini kerap menjadi incaran hobiis karena keistimewaannya dibandingkan tanaman hias lainnya, yaitu bisa menyerap bahan yang beracun, seperti karbon dioksida, formaldehyde, benzene sekaligus berfungsi sebagai penyaring udara kotor karena menghasilkan oksigen.



5. Tanaman Gerbera Daisy (Gerbera)
Di Indonesia, tanaman gerbera lebih dikenal dengan bunga hebras atau herbras. Gerbera merupakan jenis bunga yang digunakan untuk bahan buket karena keindahan serta wanginya yang khas. Selain sebagai bunga potong, gerbera adalah salah satu jenis bunga favorit sebagai tanaman hias di taman maupun pot.

Dikenal karena bunga mekar yang ramah dan bermata lebar, tanaman pot gerbera daisy meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Menghasilkan kualitas warna bunga yang ceria, seperti kuning, merah, merah muda, putih, dan keunguan juga menghasilkan feng shui yang bagus pula.

Dalam feng shui, bunga berguna untuk melepaskan apapun yang menempel. Merah untuk gairah dan inspirasi. Kuning untuk kesehatan dan pembumian. Merah muda untuk mencintai diri sendiri. Ungu untuk kelimpahan.


6. Karet Kebo (Ficus elastica)
Daun karet kebo yang lebar dapat melembutkan dan menambah elemen kayu pada ruangan manapun di rumah Bunda. Unsur kayu dapat mendukung penyembuhan dan pertumbuhan.

Selain itu, tanaman pohon karet adalah feng shui yang sempurna untuk menambah sudut gelap yang membutuhkan lebih banyak energi kehidupan. Tanaman ini juga mampu membersihkan udara dari paparan racun karbon monoksida, formaldehida, dan trichloroethylene.

7. Anggrek Bulan (Phalaenopsis)
Tanaman ini dinamai anggrek bulan karena karakter bunganya yang besar kebulatan dan merekah seperti rembulan. Secara ilmiah anggrek bulan memiliki nama Phalaenopsis yang tergolong dalam Vandaeae.

Dalam bahasa Yunani, phalaina berarti ngengat dan opsis berarti menyerupai. Jika digabungkan menjadi Phalaenopsis yang bermakna "yang menyerupai ngengat yang sedang terbang".

8. Spider Plant
Spider plant adalah jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat. Jenis tanaman ini sangat cantik bila digantungkan dalam pot, kemudian diletakkan di ruangan kerja.

Terkadang, spider plant dapat menghasilkan bunga putih yang cantik. Bagi anak-anak dan hewan peliharaan di rumah, tanaman ini sangat aman dan tidak menimbulkan racun.

Dalam feng shui, spider plant mengajari kita untuk berbagi dan terhubung dengan teman dan orang yang kita cintai. Dengan demikian, bisa mulai dengan memberi hadiah spider plant pada orang-orang tersayang agar tetap terhubung satu sama lain.

Karena hubungan ini menghadirkan kemurahan hati, memelihara spider plant di dalam rumah sangat membantu untuk meningkatkan kekayaan dan kemakmuran.

9. Janda Bolong
Tanaman hias tropis yang sering digunakan sebagai hiasan interior rumah bergaya minimalis ini memiliki nama lain Monstera adansonii.

Selain sifat pemurni udara, ini bagus untuk area Ketenaran dan Pengakuan (Li) di rumah Bunda. Tanaman hias hijau hidup ini merepresentasikan elemen kayu yang dapat menyalakan api area 'ketenaran'.

10. Peace lily
Peace lily atau Spathiphyllum merupakan tanaman penghasil oksigen selanjutnya yang sanggup menghilangkan polutan udara seperti formaldehida, benzena, trichloroethylene, xylene, maupun amonia.

Dari namanya saja, bunga ini memiliki energi yang baik dan dipercaya membawa kedamaian ke dalam rumah. Daun hijaunya yang halus memunculkan elemen kayu dan mengundang pertumbuhan ketika ditempatkan sesuai feng shui.

Berita selengkapnya >>> Klik di sini


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading