Wajib Tahu, Ini 5 Cara Merawat Tanaman Kuping Gajah

Lifestyle - Lynda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
05 April 2021 17:45
Tanaman Kuping Gajah (Tangkapan Layar via Tokopedia/Tukang Taman Karya Alam)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tanaman kuping gajah kini mulai menjadi idola baru bagi pecinta tanaman hias. Bernama latin Anthurium Crystallinum, tanaman ini berukuran besar dan berbentuk hati.

Daunnya ditopang oleh tangkai kecil yang tegak berdiri ke atas. Warna hijau pekatnya ditemani tulang daun berwarna putih kehijauan.

Tanaman berasal dari daerah Amerika Selatan ini memiliki daun yang lebat. Jika sudah bertumbuh besar, tanaman kuping gajah bisa mencapai ukuran panjang 20-40 cm dan lebar 15-38 cm.

Lantas, bagaimana cara merawat tanaman kuping gajah tumbuh sempurna dan berumur panjang? Berikut adalah tips merawat tanaman kuping gajah yang tepat.

Pilih tanah yang bernutrisi

Tanah merupakan media tanaman kuping gajah agar tumbuh. Pastikan bahwa media tanah sudah steril dari organisme penyebab penyakit, seperti jamur dan bakteri.

Sebelumnya, Anda juga bisa menjemur media tanah di bawah terik matahari, menyiramnya dengan air panas, dikukus, atau menggunakan obat-obatan demi mengusir organisme tersebut.

Pilih pot yang sesuai

Untuk Pastikan bahan pot juga mampu menjaga kelembapan tanah dalam suhu normal dan lama, seperti pot plastik dan tanah liat. Jangan lupa untuk memastikan ada lubang drainase di bawah pot.

Perhatikan waktu penyiraman

Tanaman kuping gajah membutuhkan air untuk menjaga kelembapan media tanah. Hindari menyiramnya secara berlebihan.

Jika hal tersebut terjadi, air akan menggenang dan menjadi sarana jamur dan bakteri berkemban gbiak. Selain itu, ia akan cepat mati.

Dalam sehari, siramlah sekali saja yakni pada pagi hari atau sebelum sore hari. Hal ini dilakukan untuk menghindari penguapan.

Bersihkan ruas daun

Kuping gajah memiliki daun yang sangat besar, hal ini bisa membuat kotoran dan debu lebih mudah menempel. Untuk itu, Anda harus rutin membersihkan permukaan daun. Semprot daun dengan lembut dan lap menggunakan kain steril.

Lakukan pemupukan

Tanaman kuping gajah juga membutuhkan nutrisi melalui pupuk. Gunakan pupuk NPK dengan komposisi zat N yang lebih banyak.

Caranya, semprotkan pupuk atau tabur di atas media tanam. Anda juga bisa menggunakan pupuk kandang atau humus yang benar-benar steril agar tanaman kuping gajah nggak terserang penyakit. Lakukan cara ini dua minggu sekali.



[Gambas:Video CNBC]

(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading