Daftar Tanaman Rimbun untuk Percantik Teras Rumah Minimalis

Lifestyle - Syarifah Rahma, CNBC Indonesia
24 April 2021 20:45
Bonsai dari jenis pohon kimeng atau Ficus microcarpa dari Taiwan ini disebut milik pedagang asal Jakarta Barat yang di jual seharga Rp 800 juta di gelaran pameran Flona 2019, Jakarta, Jumat (6/9). bonsai kimeng sebenarnya biasa dikategorikan di bawah kategori jenis bonsai beringin. Maka nama lengkap jenis yang satu ini sebenarnya adalah bonsai beringin kimeng. Sebagaimana tipe beringin pada umumnya yang dijadikan tanaman hias, maka untuk yang satu ini pun Anda akan menemukan tampilan yang memukau lengkap dengan rimbun daun berwarna hijau. Pohon Palem ini berbeda dengan palem botol pada umumnya karena memiliki cabang 4, menurut penjualnya tanaman ini susah ditemukan. Tanaman yang dinamakan Palem Botol Cabang ini dijual dengan harga Rp 150 juta. Bentuknya yang unik ini dapat menjadi perindang pekarangan anda yang luas.

Palem botol atau palmiste gargoulette adalah satu di antara jenis tanaman yang biasanya ditanam sebagai tanaman hias pekarangan rumah. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Siapa bilang rumah minimalis, dekorasi taman pun harus 'minimalis'? Nah, memang rumah minimalis selalu mengandalkan furniture yang sederhana dan fungsional agar ruangan tidak sesak dan sumpek. Sebagai gantinya, anda justru bisa berkreasi dengan area taman depan rumah, melalui beragam tanaman hias. Dijamin, pohon atau tanaman hias ini akan membuat area depan rumah kamu semakin cantik dan tentunya, homey.

Agar tetap sejalan dengan konsep minimalis yang diusung, ada baiknya anda tidak sembarangan dalam memilih tanaman. Berikut daftar tanaman hias yang cocok untuk teras rumah minimalis, seperti yang dilansir dari The Spruce via Haibunda.com.


1. Pohon Beringin (Ficus Benjamina)

Meskipun tampak berkebalikan dengan tema minimalis, tanaman dengan batang lebar dan besar ini sebetulnya cocok ditempatkan di halaman rumah kecil dan kekinian. Daunnya yang rimbun tentu akan membuat area rumah menjadi lebih teduh. Nah, selain itu perawatan tanaman ini pun cukup mudah, asalkan kebutuhan sinar matahari cukup dan tidak kelebihan air.

2. Wisteria

Di Jepang, tanaman ini dikenal sebagai bunga Fuji. Bunga dari tanaman ini sendiri sangat indah, karena berwarna-warni. Nah, tapi kalau anda memiliki anak-anak, harus berhati-hati ya! Jangan sampai anak anda memakan biji dari bunga wisteria, karena mengandung zat racun yang kuat. Bila tertelan, bisa menyebabkan pusing, mual, muntah, sakit perut, diare, bahkan bisa pingsan.

3. Pohon Kumkuat

Meskipun area taman kamu terbatas, namun kamu tetap bisa menanam tanaman berbuah loh di teras rumah. Salah satunya adalah pohon kumkuat ini. Buahnya yang berwarna jingga bisa memberi sentuhan warna ceria pada teras rumah. Bahkan, buah jeruknya juga aman untuk dikonsumsi. Tak hanya itu, tumbuhan ini bisa dijadikan bonsai dan diletakkan dalam pot kecil.

4. Pohon Crabapples (Malus cerasifera)

Berbeda dengan tanaman-tanaman sebelumnya, tanaman yang satu ini tidak banyak menawarkan keteduhan atau buah yang bisa dimakan. Namun, bentuknya yang kecil dan cantik, cocok untuk ditanam di area sempit, seperti teras rumah. Pohon ini pun cenderung mudah ditanam, karena mentolerir semua jenis tanah, termasuk tanah kering. Meski demikian, Crabapples lebih memilih berada di bawah sinar matahari penuh, dengan jumlah air yang sedang.

Bonsai PinusFoto: Bonsai Pinus

5. Pohon Pinus

Pohon ini tentu mengingatkan kita akan suasana nyaman saat berada di alam terbuka. Perawatannya yang tidak sulit membuat tanaman hias ini kerap menjadi pilihan favorit untuk ditempatkan di teras minimalis. Bisa tambahkan kursi malas untuk bersantai di bawah pohon ini yaa! Sttt, kalau takut kebesaran, bisa kamu jadikan bonsai dan tanam di dalam pot loh!

6. Pohon Ceria tau Plum (Prunus)

Pohon ini biasanya memiliki dedaunan berwarna ungu tua, bunga putih, merah muda atau merah, bergantung pada varietasnya. Sekilas, tanaman ini terlihat seperti sakura yang ada di Jepang, namun rupanya berbeda subgenus. Tanaman yang tumbuh di Indonesia termasuk dalam subgenus Laurocerasus, sementara di Jepang berasal dari subgenus Cerasus.

Setiap jenis dari genus Prunus ini memiliki ciri khasnya masing-masing, mulai dari yang cantik ketika berbunga, dijadikan tanaman hias, bahkan diambil buahnya untuk dimakan dan kecantikan.

7. Pohon Sweet Bay (Laurus Nobilis)

Dikenal sebagai bumbu masakan, sweet bay merupakan pohon cemara kecil dan ramping. Daunnya yang berwarna hijau tua kerap mengeluarkan aromaterapi tersendiri. Meskipun dapat tumbuh tinggi, namun banyak yang memilih tanaman ini diletakkan di dalam pot kecil karena tanaman ini dikenal lambat mekar.

8. Crepe Myrtle (Lagerstroemia x Natchez)

Siapa yang bisa membayangkan pohon setinggi 30 kaki dan berwarna orange kemerahan di saat musim gugur? Yap, di habitat aslinya, yaitu negara bagian AS, Georgia dan California Selatan, crepe myrtle akan tampak cantik sekali di saat musim gugur. Nah, meskipun pesonanya tak seindah di habitat aslinya namun tanaman yang satu ini bisa anda jadikan pilihan untuk menghiasi teras rumah anda.

9. Maple Jepang (Acer palmatum atau A. japonicum)

Sama seperti tanaman sebelumnya, pohon maple pun akan berubah warna kemerahan dan orange saat memasuki musim gugur. Dan lagi-lagi, meski tak seindah di habitat aslinya, tanaman ini tetap akan membuat teras rumah anda cantik.

10. Pohon Suci (Vitex agnus-castus)

Tanaman yang memiliki daun panjang berbentuk jari ini, memiliki bunga berwarna biru-ungu dan buah berwarna ungu. Bagian buahnya bisa anda gunakan sebagai obat herbal loh. Varietas 'Silver Spire' dan 'Alba' memiliki bunga berwarna putih sedangkan 'Latifolia' dan 'Rosea' memiliki bunga berwarna merah muda. Kalau anda berniat membuat semak-semak di depan rumah, anda bisa mencoba untuk memangkas pohon yang satu ini.

Selengkapnya buka halaman berikut ini >>>>>>>>>


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading