Selamat! Klub Bola Italia Milik Orang Terkaya RI 'Naik Kelas'

Lifestyle - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
26 April 2021 11:09
Infografis/ ORANG TERKAYA RI   Caplok Como 1907,  demi masa depan  Sepak bola RI/Aristya Rahadian Krisabella

Robert Budi Hartono dan Robert Wijaya Suwanto mencaplok Como dengan harga relatif 'murah', disebut-sebut tidak sampai Rp 5 miliar. Maklum, Como diambil alih dalam kondisi yang mengenaskan. Kala diakuisisi, Como bahkan tidak punya pemain.

"Kita beli nggak sampai Rp 5 miliar, istilahnya nebus di pegadaian. Pada 1 Juli kemarin nggak punya pemain sama sekali. Aset-aset yang nggak terurus kita poles lagi," ungkap Mirwan Suwarso, pewakilan Mola TV, salah satu unit usaha milik Grup Djarum.


Pengusaha Indonesia yang melakukan ekspansi dengan membeli klub sepakbola Eropa bukan barang baru. Erick Thohir, bos Grup Mahaka yang kini menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pernah menjadi owner di klub elit Italia, Inter Milan. Setelah menjual kepemilikan di Inter kepada investor China, Erick menjadi direksi di klub asal Inggris, Oxford United.

Lalu ada keluarga Wanandi yang melalui Santini Group mengakuisisi klub Inggris, Tranmere Rovers. Klub sekota Liverpool dan Everton ini berlaga di League Two, tiga setrip di bawah Liga Primer Inggris.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading