Warga AS 'Dilarang' Pergi ke 116 Negara Ini, Ada RI?

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
22 April 2021 10:15
Ilustrasi Paspor (Designed by rawpixel.com / Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat (AS) resmi menambahkan daftar negara dalam list rekomendasi tidak bepergian (Do Not Travel). Setidaknya, ada 116 negara baru, yang masuk ke dalam level empat (tertinggi) dilarang dikunjungi warga AS, termasuk Inggris, Kanada, Prancis, Israel, Meksiko, dan Jerman.

Meningkatnya kasus corona (Covid-19) menjadi penyebab. Sebelumnya Departemen Luar Negeri AS mengatakan memang akan meningkatkan jumlah negara hingga 80% dari total negeri di dunia.


"(Ini lebih) mencerminkan penyesuaian dalam sistem Penasihat Perjalanan Departemen Luar Negeri untuk lebih mengandalkan penilaian epidemiologis yang ada," kata mereka, dilansir dari Reuters.

Negara lain dalam daftar tersebut termasuk Finlandia, Mesir, Belgia, Turki, Italia, Swedia, Swiss, dan Spanyol. Beberapa negara seperti China dan Jepang tetap berada di tingkat tiga.

Sebagian besar orang Amerika sudah dilarang bepergian ke sebagian besar Eropa karena pembatasan Covid-19. Washington melarang hampir semua warga negara non-AS yang baru-baru ini berada di sebagian besar Eropa, China, Brasil, Iran, dan Afrika Selatan.

AS sendiri juga sudah melarang pelancong dari Indonesia untuk berkunjung dan masuk ke Negeri Paman Sam sejak Januari lalu. Namun, daftar rekomendasi negara tersebut tidak wajib bagi orang Amerika yang bepergian.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading